Notification

×

Iklan


Hadiri Resepsi Hari Pers Nasional, Bupati Ajak Insan Pers Perkuat Sinergi dengan Pemerintah

Kamis, 29 Februari 2024 | 13:25 WIB Last Updated 2024-02-29T06:25:28Z
PURWOREJO, (pitruruhnews.com) - Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH hadir pada resepsi peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2024. di Ganeca Convention Hall Rabu malam (28/02/2024)  Dalam kesempatan itu, Bupati memotong tumpeng yang diserahkan kepada Ketua Pewarta Purworejo Daniel Raja Here. Tampak hadir dalam acara yang diadakan Pewarta Purworejo itu, antara lain Direktur utama BOB Agustin Perangin-angin, para Kepala Perangkat Daerah, serta mitra dan relasi Pewarta Purworejo. 

Bupati dalam sambutannya mengucapkan selamat Hari Pers Nasional kepada seluruh insan pers khususnya yang bertugas di Kabupaten Purworejo. Ia berharap momentum ini dapat semakin mendewasakan pers Indonesia untuk berkontribusi dalam pembangunan.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh insan pers yang secara konsisten menemani masyarakat dalam kehidupan berdemokrasi, termasuk mengawal Pemilu Serentak 2024 yang baru saja kita jalani," ucap Bupati.
Bupati menambahkan pemerintah menyadari tantangan yang dihadapi oleh insan pers di era digital. Oleh karena itu, Pemerintah terus berupaya mendukung ekosistem pers. yang adaptif dengan tetap menghormati kebebasan pers.

Ia menilai dunia pers dalam beberapa tahun belakangan menghadapi tantangan sangat besar. Yakni hadirnya media sosial yang terkadang informasinya kurang valid, dapat memecah persepsi masyarakat dan mengancam persatuan bangsa. 

”Hal itu perlu dikawal bersama dengan meningkatkan sinergi antara pemerintah dengan insan pers. Dalam kondisi demikian, pers harus mampu meluruskan hal yang bengkok, serta menjernihkan kekeruhan yang mungkin terjadi," ujarnya. 

Daniel Raja Here  menyampaikan bahwa HPN sebetulnya diperingati tanggal 9 Februari. Tidak hanya kegiatan yang bersifat kewartawanan, beberapa kegiatan digelar secara khusus yaitu turut berkontribusi menyukseskan Pemilu. Hal itu sesuai dengan tema besar HPN tahun 2024 ini, yakni Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa.

"Namun, tahun ini sengaja kita sesuaikan pelaksanaannya dengan penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024 dan Hari Jadi ke-193 Kabupaten Purworejo sehingga sejumlah acara kita gelar pasca tahapan pemungutan suara," jelasnya. 

Furika Tri Jayanti, salah satu guru SMA N 11 Purworejo yang mendapat juara II lomba fotografi mengaku bahagia. Ia merasa dapat mengekpresikan jiwa seninya lewat karya fotografi. "Alhamdulillah, sebagai warga Purworejo saya turut bangga dan senang, adanya perlombaan ini dapat memotivasi saya untuk berkarya maksimal. Saya berharap pemerintah akan terus memberikan wadah masyarakat dalam berkarya, misal jurnalistik, fotografi atau hal positif lainnya," ungkapnya.

Beberapa kegiatan yang menjadi rangkaian HPN antara lain turnamen tenis meja, pertandingan futsal eksebisi, lomba jurnalistik bagi pelajar, lomba fotografi, dan lomba video blog. Selain itu juga bakti sosial penyaluran beras dan sembako, anjangsana sekaligus ziarah kepada keluarga wartawan Purworejo yang telah berpulang. (Prokopim)

Iklan

×
Berita Terbaru Update