Notification

×

Iklan


7 Tahun Dipasung Karena Keterbatasan Biaya, Welly Akhirnya Dapat Pengobatan Gratis

Senin, 16 Oktober 2017 | 17:07 WIB Last Updated 2017-10-16T10:07:05Z
7 Tahun Dipasung Karena Keterbatasan Biaya, Welly Akhirnya Dapat Pengobatan Gratis
Pituruh,(purworejo.sorot.co)--7 tahun adalah waktu yang harus ditempuh Welly Sutomo (27) warga Desa Girigondo, Kecamatan Pituruh yang selama ini hidup dalam pemasungan sebelum bisa mendapatkan harapan. Pada Senin (16/10/2017) siang tadi, Welly yang menderita gangguan jiwa akut akhirnya dievakuasi oleh petugas Dinas Sosial Kabupaten Purworejo. Pemuda ini dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tjitrowardoyo Purworejo untuk mendapatkan pengobatan.
Kabid Sosial Dinsos PPA Purworejo, Sri Lestariningsih menjelaskan bahwa tindakan tersebut sebagai bukti nyata bahwa Dinsos komitmen mewujudkan Purworejo bebas pemasungan. Dalam melakukan evakuasi terhadap Welly, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo.
"Kita bawa ke puskesmas Pituruh dahulu untuk minta rujukan, setelah itu baru (dibawa) ke RSUD," paparnya, Senin (16/10/2017) sore.
Lebih lanjut ia memaparkan, jika nantinya pemasungan semacam ini masih ditemukan, masyasrakat diminta untuk segera melapor Dinsos atau instansi terkait. Ia berjanji akan segera mengambil tindakan seperti yang saat ini dilakukan kepada Welly.
"Silahkan berkoordinasi dengan pihak kami, bisa juga melalui Puskesmas atau pemangku kebijakan terdekat," imbuhnya.
Ia menegaskan, kepada keluarga penderita gangguan jiwa tidak perlu khawatir akan biaya yang harus dikeluarkan. Biaya pengobatan nantinya sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah.
Kalau memang berasal dari keluarga miskin, biaya kita bebaskan. Nantinya ada Kartu Indonesia Sehat, jikapun tidak punya, pemerintah juga mempunyai program jaminan kesehatan daerah,” urai dia.
Sementara itu, pihak keluarga korban pemasungan, Tarmin mengapresiasi langkah cepat dari instansi terkait dalam merespon nasib Welly. Ia berharap agar dengan pengobatan yang dilakukan, keponakannya, Welly bisa sembuh seperti semula dan bisa melanjutkan kehidupanya dengan baik.
"Kami bersyukur sekali akhirnya Welly bisa mendapat pengobatan setelah selama ini terkendala biaya," ungkapnya. (Dana Nur Sehat)

Sumber :  purworejo.sorot.co

Iklan

×
Berita Terbaru Update