Notification

×

Iklan

Sejumlah Desa Terpantau Rawan Konflik Pilkades, Polres Siagakan Satuan Khusus Terlatih

Monday, 23 October 2017 | 14:08 WIB Last Updated 2017-10-23T07:08:14Z
Sejumlah Desa Terpantau Rawan Konflik Pilkades, Polres Siagakan Satuan Khusus Terlatih
Purworejo, --Mendekati pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 85 desa di Kabupaten Purworejo, Polres Purworejo mulai melakukan pengamanan ketat di setiap desa yang menggelar Pilkades serentak. Pihak berwajib telah memetakan wilayah-wilayah yang memiliki tingkat kerawanan tinggi. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya kekacauan pra maupun pasca Pilkades serentak.
Kapolres Purworejo AKBP Teguh Tri Prasetya menegaskan, pihaknya akan all out dalam mengamankan gelaran Pilkades serentak. Pengaman Pilkades menjadi prioritas awal bagi dirinya selama awal tugas di Kabupaten Purworejo.
"Kita belum lama ini, mengumpulkan para calon (kepala desa) bersama Pemkab. Kita memberikan pembekalan kepada mereka dan di situ saya sampaikan kepada mereka (calon kades) untuk tetap menjaga kondusifitas," kata Kapolres di Mapolres Purworejo, Senin (23/10/2017).
Secara khusus pihaknya telah mempersiapkan petugas Dalmas untuk menghalau massa jika terjadi kekacauan. Petugas telah diberikan pelatihan khusus dan sebelumnya Kapolsek dan Babinkamtibmas juga diinstruksikan untuk mendatangi seluruh calon kepala desa yang akan maju.
"Kapolsek dan Babinkamtibmas saya arahkan mengunjungi para calon dan mengajak para calon agar jangan memobilisasi massa seenaknya. Niatnya semua kan membangun Purworejo yang lebih baik dan ini harus didukung. Seluruh calon juga kita minta tetap sadar dimana kalau sampai kalah ya harus bisa menerima," tambahnya.
Petugas minimal satu peleton akan di tempat di titik-titik tertentu dimana tidak mengumpul dalam satu tempat. Hal itu dimaksudkan untuk memudahkan pergeseran jika terjadi kekacauan.
"Intinya kita siap mengamankan dan semoga tidak terjadi apa-apa. Niat adanya silaturahmi akbar dan menggelar doa bersama ini kan salah satunya juga mendoakan pelaksanaan Pilkades di Purworejo ini berjalan aman dan lancar," katanya menambahkan.
Ditegaskannya, daerah rawan memang menjadi perhatian khusus. Setidaknya ada beberapa titik dan telah dilakukan perkuatan pengamanan. Daerah-daerah rawan konflik diprioritaskan lebih oleh petugas. Diharapkan Pilkades akan sukses tanpa ada kekacauan, berjalan kondusif dan mampu menjadikan kepala desa yang benar-benar pilihan rakyat.
"Beberapa desa kita sinyalir cukup rawan dan akan ditambah perkuatan personelnya," tandas Teguh Tri.

Sumber : purworejo.sorot.co

Iklan

×
Berita Terbaru Update