Notification

×

Iklan


Tak Mau Hilang Ditelan Zaman, Koramil 09 Pituruh Hidupkan Kembali Kesenian Karawitan

Minggu, 08 Oktober 2017 | 10:19 WIB Last Updated 2017-10-08T03:23:58Z


Pituruh,(purworejo.sorot.co) -- Arus globalisasi dan informasi berkembang semakin cepat dan tidak dapat dibendung lagi. Bahkan gelombang modernisasi telah menggerus di berbagai lini masyarakat, salah satunya kebudayaan lokal. Tidak sedikit kebudayaan lokal tradisional yang semakin luntur dan lepas dari akarnya seperti kesenian karawitan.

Atas dasar itul Koramil 09 Pituruh menyikapi hal itu dengan menggelar latihan bersama kesenian bersama grup Karawitan Kesawen Pituruh. Danramil 09 Pituruh Kapten Infantri Aryadi mengungkapkan, kegiatan pembinaan yang dilaksanakan secara rutin dengan menggelar latihan kesenian karawitan. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam seminggu sekali setiap Sabtu malam.

Grub karawitan yang ada sudah lama vakum. Berangkat dari keprihatinan ini kita membina masyarakat dan kaum muda untuk ikut melestarikan kesenian karawitan, ungkapnya, Minggu (8/10/2017).
Kapten Infantri Aryadi menambahkan, gelar latihan karawitan tersebut merupakan salah satu wujud konservasi nilai salah satu warisan budaya bangsa yang wajib dilestarikan terutama pada generasi muda sebagai pewaris bangsa.
Dengan latihan bersama dengan anggota Koramil 09 Pituruh, diharapkan akan menjadikan pemicu bagi masyarakat untuk lebih giat dalam menggelar latihan karawitan tersebut. Latihan karawitan antara grub karawitan bersama dengan pihak TNI juga mendapat respon positif dari berbagai pihak.
Semoga kehadiran kami akan bisa membawa manfaat bagi masyarakat Kecamatan Pituruh secara luas, apalagi kerawitan merupakan kearifan lokal yang harus benar benar dilestarikan agar tidak punah dan dilupakan oleh generasu penerus, tandasnya.
Sumber :

purworejo.sorot.co

Iklan

×
Berita Terbaru Update