Notification

×

Iklan


Masyarakat Agar Tak Buang Sampah di Sungai, KPS Tirtajaya Pasangi Banner Peringatan di Hulu Sungai Wawar

Senin, 11 Desember 2017 | 07:03 WIB Last Updated 2017-12-11T00:03:15Z




PITURUH, Komunitas Peduli Sungai (KPS) Tirtajaya Purworejo, yang bersekretariat di Jalan Pituruh-Klepu Km 2, Minggu (10/12) pagi melakukan gerakan edukasi masyarakat di sepanjang aliran anakan Sungai Wawar Gebang.
Edukasi tersebut berupa pemasangan banner ukuran 60 x 80 cm bertuliskan slogan penyadaran, seperti Sungai Bukan Tempat Sampah Sungaimu Nadi Kehidupanmu, Mencintai Sungai Mencintai Kehidupan dan Sungai Simbol Martabatmu.
Kordinator Lapangan Gunadi Suprapto, menjelaskan, pesan-pesan itu dibuat oleh seniman sastra  Sumanang Tirtasujana. Isi pesannya bersifat mengajak dan memberi penyadaran secara santun bagi setiap orang yang membaca. 
Puluhan banner tersebut dipasang di bahu tanggul yang melintasi 7 desa. Yakni dari hulu Desa Kalikotes, Kesawen, Ngandagan, Karanganyar, Pituruh, Tunjung Tejo sampai Desa Pepe. 
Gerakan adukasi yang melibatkan 30 orang dari elemen Karang Taruna, petugas operasional pengairan (TPOP) serta anggota peduli sungai, telah memasang sedikitnya 100 banner.
Menurut Kholil Udin, tindakan tersebut dilakukan, karena sampah rumah tangga di sungai-sungai wilayah Kecamatan Pituruh sangat memprihatinkan. 
"Itu yang menyebabkan persawahan Desa Prigelan, Pituruh, Sikambang dan Desa Pepe sering banjir,"tandasnya.
Udin menilai, kesadaran masyarakat tentang pentingnya fungsi sungai masih sangat rendah.
Dijelaskan, Peduli Sungai TirtaJaya yang di ketuai seniman Sumanang Tirtasujana, yang berbeskamp di Pituruh ini telah berulangkali mengeduksi masyarat. Pada tahun 2016 komunitas itu meraih Juara III Tingkat Jateng. Baru baru ini juga diundang Kongres Sungai Indonesia III di Banjarmasin. (STS)

Sumber Repost : Purworejonews.com

Iklan

×
Berita Terbaru Update