Notification

×

Iklan

Potensi Wisata Alam Asli Pituruh, Curug Jaka Tarub dari Puncak Khayangan Desa Somogede

Thursday, 22 February 2018 | 22:14 WIB Last Updated 2018-03-21T05:54:14Z
foto by pituruh.com


Somogede (pituruhnews.com) adalah salah satu desa terpencil di kecamatan PituruhKabupaten PurworejoJawa TengahIndonesia. Desa Somogede berjarak 11 Km berkendara ke utara dari pusat kecamatan Pituruh melalui Kalikotes-Polowangi serta 35 Km dari pusat Kabupaten Purworejo. Desa ini merupakan salah satu desa paling barat di Kabupaten Purworejo berbatasan langsung dengan Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Wonosobo. Desa Somogede terkenal dengan sejumlah potensi air terjunnya seperti Air Terjun Jaka Tarub dan Air Terjun Pandowo. Selain itu juga terdapat wisata tracking ke Gunung Kembang.

"Potensi wisata yang ada di daerah pituruh memang belum begitu dikenal. namun upaya memperkenalkannya adalah wujud atas apresiasiny terhadap potensi yang sudah ada di pituruh, salah satunya yaitu Curug Jaka Tarub".

Curug Jaka Tarub terletak di Desa Somogede yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Wonosobo dan Kebumen ini merupakan aset potensi wisata alam yang dimilik Pituruh. 

"Curug Jaka Tarub ini diresmikan pada 16 Juli 2016 oleh Camat Pituruh Drs. R. Sigit Setyanudi, MM. dengan harapan potensi wisata alam di pituruh lebih dikembangkan dan dikenalkan kepada masyarakat luas".

Budi salah satu perangkat Desa Somogede saat ditemui oleh pituruhnews.com, Kamis, 22/02/2018 menuturkan sejarah singkat dari curug jaka tarub kono dulu pada saat ada pelangi yang arahnya ke curug itu merupakan turunnya bidadari yang turun dari khayangan, yang kono selandangnya di ambil oleh jaka tarub dan tidak bisa kembali lagi ke khayangan. dan sekarang terjadi bila ada pelangi jika ada panas sinar matahari tepat di depan curug, maka akan terjadi lengkungan warna pelangi di depan curug. ungkapnya 




"Destinasi Wisata Curug Jaka Tarub juga di apresiasi oleh Kapolsek Pituruh Junani Jumantoro , dengan Dan Ramil Ariyadi bersama anggotanya,  Jum'at 22/02/2017 tahun lalu pada saat kegiatan meninjau daerah wisata di daerah pituruh".(lf)

Iklan

×
Berita Terbaru Update