Notification

×

Iklan


H-2 Menjelang Lebaran, Produksi Jipang Khas Luwenglor Meningkat Dua Kali Lipat

Monday, 11 June 2018 | 20:36 WIB Last Updated 2018-06-11T13:36:13Z

LUWENGLOR, (pituruhnews.com) H-3 menjelang Lebaran Produksi Makanan Khas Luwenglor di banjiri pesanan. Namun karena keterbatasan bahan, terpaksa untuk menolaknya. Bahan utama yang dibutuhkan untuk pembuat jipang yaitu Beras Ketan dan Nira Kelapa.

Nira Kelapa yang dibutuhkan terbatas dikarenakan harga gula jawa naik 2kali lipat dari hari biasanya, karena keterbatasan bahan nira kelapa, para produksi jipang di Desa Luwenglor juga menaikan harga dari biasanya.
Jipang Luweng Saat di ambil Selles

Harga jipang meningkat dari harga Rp. 36.000 per ball menjadi Rp. 40.000 per ball. harga tersebut saat belum di ambil oleh selles yang biasanya pesan kepada produksi jipang di Luwenglor. Untuk Penjualan dipasaran yang diambil oleh selles biasanaya mencapai Rp. 50.000 sampai 60.000 per ball

Karena keterbatasan bahan baku, Proses produksi hanya sampai H-2 menjelang lebaran, biasanya hasil dari akhir produksi ini dipasarkan untuk para pemudik yang pulang dari perantauan, sedangkan produksi awal hanya untuk pesanan selles.

Minat Hartono selaku pemilik produksi mengatakan meningkatnya ini sudah dirasakan setiap tahunnya menjelang lebaran. dan untuk produksi pembuatan jipang khas luweng yang terakhir bisanya sudah di pesan dari perantauan asal Luwenglor maupun sekitar kecamatan Pituruh. Pungkasnya.

Harapannya makanan Khas Luwenglor ini menjadikan Prioritas yang potensi kuliner yang dimilik oleh Desa Luwenglor. Tuturnya

Iklan

×
Berita Terbaru Update