Notification

×

Iklan


Dampingi Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Purworejo, Danramil/09 Pituruh, Waka Polsek Pituruh Tebar Benih Ikan Nilem di Embung Megulunglor

Thursday, 26 July 2018 | 17:40 WIB Last Updated 2018-07-26T14:39:13Z

MEGULUNGLOR, (pituruhnews.com) Sebanyak 768.000 benih ikan nilem ditebar di Kabupaten Purworejo yang langsung difasilitasi oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Jengah, yang dilakukan selama 2 hari mulai 24 Juli sampai 25 Juli 2018. Total penebaran ini ada 49 Desa Se Kabupaten Purworejo dengan 47 titik perairan umum.

Bantuan Hibah berasal dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah diserahkan melalui Din Pert Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purworejo kepada Pemerintah Desa/kelurahan yang memiliki perairan umum yang berupa sungai, embung, waduk, DAM, rawa, ataupun genangan perairan umum lainnya.

Pelepasan benih ikan ini pertama di lakukan sungai Bogowonto, tepat nya di Kedung Prau Plaosan, Selasa 24 Juli 2018.

 Danramil/09 Pituruh Bersama Kapala Desa Megulunglor Tebar Benih (Luthfi)

Teknis penebaran benih di lapangan dibantu oleh penyuluh perikanan tingkat kecamatan. yang masing-masing bekerjasama dengan Perangkat Pemerintah Desa, Komunitas MMP, dan Karang Taruna, yang melibatkan Danramil/09 Pituruh Kapten Infantri Ariyadi, dan Waka Polsek Pituruh Iptu Harri Isworo,SH.

Pada Kamis, 26 Juli 2018 Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purworejo lakukan tebar benih ikan berjenis ikan nilem di Kecamatan Pituruh sebanyak 40.000 benih ikan, yang dibagi 2 Desa yaitu Desa Megulunglor yang berlokasi di Embung Depan Balai Desa Megulunglor sebanyak 10.000 benih ikan, dan Desa Girigondo berlokasi di Kali Kedung Gupit sebanyak 30.000 benih ikan yang dibagi 5 titik tempat.

 Penyerahan Benih Ikan Ke Perangkat Desa Girigondo (Luthfi)

Pada Saat ditemui Pituruhnews.com, Sigit Purwito selaku penanggung jawab dari  Penyuluh Perikanan Kecamatan Pituruh, Perwakilan dari Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kab Purworejo menjelaskan bahwa penebaran benih ikan ini merupakan restocking ikan yang ada di lingkungan baik di sungai, embung maupun irigasi. Supaya kelestarian Sumber Daya Ekosistem di perairan umum dapat terjaga dengan baik. Jelasnya

Sementara itu, Kepala Desa Megulunglor Bapak Hariyadi, menjelaskan bahwa untuk menambah ekosistem ikan yang ada di lingkungan embung Desa Megulunglor, supaya tidak punah. jelasnya. (ltf)

Iklan

×
Berita Terbaru Update