Notification

×

Iklan


Dua Dusun di Desa Brengkol Kecamatan Pituruh, Mulai Mengalami Krisis Pasokan Air Bersih

Sunday, 8 July 2018 | 18:03 WIB Last Updated 2018-07-08T11:46:47Z


BRENGKOL, (pituruhnews.com) Musim kemarau menyebabkan sejumlah wilayah di Kabupaten Purworejo mulai mengalami krisis air bersih. Seperti yang dirasakan warga dua Dusun Sisarah, RT 03/03 dan juga Dusun Kemejing, Desa Brengkol Kecamatan Pituruh. Kurang lebih total 80 Kapala Keluarga. Mulai mengalami kesulitan mendapatkan sumber air bersih. Minggu, 08/07/2018.

Pada Sabtu, 07/07/2018 mendapatkan pasokan air bersih dari BPBD Kabupaten Purworejo. Dalam pendistribusian volume droping air bersih ini sebanyak 5.000 liter / per satu tangki. untuk kebutuhan warga sekitar 9 Kepala Keluarga sebanyak 36 jiwa. 

Pendistribusianini sudah dilakukan dua kali. pertama dropping pada Kamis, 05/07/2018 dan Sabtu, 07/07/2018. Jadi, total pendistribusian ini yang sudah diterima warga Desa Brengkol 10.00 liter dengan 2 tangki. untuk mengisi 4 bak penampungan air atau torn. Pengiriman air bersih ini akan terus dilakukan sampai sumber air bersih mengalir lancar ke tampungan air atau torn.

Menurut Keterangan yang di dapat dari BPBD Kabupaten Purworejo, Pengiriman droping air bersih pertama kali di tahun ini pada tanggal 05 Juli 2018 yaitu Desa Brengkol, dan Desa Rowodadi Kecamatan Grabag. dengan akses jalan rabat beton sedikit disulit dilalui, juga ada beberapa titik jalan yang rusak untuk menuju tandon air. ungkapnya. 
Untuk daerah yang membutuh pasokan air bersih, yang saat ini sudah berlangsung musim kemarau. Supaya bisa melaporkan ke BPBD Purworejo, dengan membuat surat persetujuan dari desa setempat, dan langsung melaporkan ke BPBD Purworejo dengan surat tembusan ke camat. tuturnya.


Sementara itu, Kepala Desa Brengkol Prianto menjelaskan benar adanya jika dua dusun di Desa Brengkol mengalami kesulitan pasokan air bersih kurang lebih sekitar satu bulan yang lalu karena air dipenampungan semakin sulit didapatkan, Namun saat ini yang mengalami kesulitan hanya Dusun Sisarah, sedangkan Dusun Kemejing sudah tercukupi dengan adanya bantuan PAMSIMAS tahun 2017 dan sekarang sudah mengalir lancar. tuturnya 

Untuk akses jalan menuju tandon air sebenarnya tidak sulit, hanya saja tanjakan yang cukup tinggi, jadi kalau kendaraan yang kurang fit, bisa tidak kuat menanjak. tuturnya. (ltf)

Iklan

×
Berita Terbaru Update