Pemerintah Kecamatan Kemiri dukung UMKM sebagai pola usaha yang bersifat unik

Advertisement

KEMIRI, (pituruhnews.com) Sektor UMKM yang memiliki pola usaha yang bersifat unik, yaitu lebih banyak dikerjakan dalam lingkup sektor informal. Pemerintah Kecamatan Kemiri dalam mendukung dan memajukan usaha mikro kecil dan menengah dapat dibilang sangat serius.

Pada Rabu, 17/10/2018 Pemerintah Kecamatan Kemiri melaksanakan kegiatan yaitu Pengukuhan Forum Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) "KEMBANG" dengan bertema "Kemiri Bangkit", yang bertempat di Pendopo Kecamatan Kemiri.

 
 Camat Kemiri pada saat Pengukuhan

Pengukuhan UMKM ini langsung dikukuhkan oleh Camat Kemiri  bapak Fatqur Rochman, S.Sos sebagai wadah dalam menghadapi tantangan ekonomi globlal. Forum UMKM sangat berkontribusi dalam menopang sistem perokonomian di Indonesia.

Acara ini dihadiri oleh Dinas perdagangan dan UMKM,  Forkompimcam Kemiri,  Kepala UPT atau Dinas Teknis dilingkungan Kecamatan Kemiri, BUMN/BUMD di lingkungan kecamatan kemiri,  Perwakilan kepala desa se-kecamatan Kemiri dan para pelaku UMKM di lingkungan Kecamatan kemiri.

Pameran produk UMKM

Forum ini mempunyai visi, yaitu Menjadikan Usaha Mikro Kecil Menengah Kecamatan Kemiri Yang Mandiri, Berkualitas Dan Berdaya Saing, Dan misinya Forum ini, yaitu Mendorong terwujudnya iklim usaha yang kondusif  bagi UMKM Kecamatan Kemiri, Membangun UMKM yang tangguh melalui peningkatan kapasitas usaha, inovasi dan kreatifitas, Membantu UMKM memperoleh akses pemasaran, penguatan SDM, Teknologi dan Pendanaan, Mendorong tumbuhnya wirausahawan baru yang unggul dan berdaya saing tinggi, Mendorong perkuatan Lembaga-lembaga Pembinaan dan Pendidikan UMKM.

Untuk lebih menunjukkan eksistensi UMKM yang ada dikecamatan Kemiri, dalam forum tersebut juga memamerkan hasil produknya, seperti alat batik tulis, makanan ringan, kerajinan Kaligrafi dari kayu, tape, beras, aneka olahan dari ketela. Itu semua membuktikan bahwa geliat UMKM Kecamatan Kemiri nampak nyata dan semangat. 

 "Sebagai wadah bagi para pelaku UMKM,  untuk saling sharing berbago pengalaman dalam pengembangan usahanya" Katanya Heri Akhtifudin sebagai Ketua Forum UMKM Kecamatan Kemiri.

Sementara itu,  Sekcam Kemiri Bangun Erlangga "mengungkapkan sangat mendukung dengan dikukuhkannya Forum UMKM Kecamatan Kemiri "KEMBANG", harapannya UMKM Kemiri akan semakin berkembang,  tidak hanya dari  produk dan pemasarannya, namun kalau mau maju dan berkembang, ya harus bersatu dan bekerjasama". Ujarnya
Baca Juga
Advertisement
Advertisement