"Berkah Peyek AFP" Produksi Peyek Lombok Pertama di Purworejo Sejak 2013

Advertisement
Owner "Berkah Peyek AFP" / Foto Gemboos Photret
KEMIRI, (pituruhnews.com) -- Berawal dari coba-coba untuk menginovasikan sebuah produk makanan, Ratri Kusumawardani (32) merintis olahan makanan yang berbahan lombok. Lombok ini dijadikan peyek sebagai cemilan yang gurih dan enak serta mempunyai rasa pedas yang khas  di setiap bagian peyeknya dan rasa rempah yang begitu menggigit lidah.

Ratri memulai usahanya pada tahun 2013 di rumahnya Dukuh Kauman, Desa Kemiri Lor RT 01 RW 01 Kecamatan Kemiri dengan omset sekitar 100-200 ribu tiap bulan. Namun ketika lebaran tahun 2016, Ratri berhasil menembus omset 15 juta rupiah. Kemudian ada pendampingan dari Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Purworejo (DINKUKMP) yang memberikan tantangan agar omset tersebut dijadikan omset bulanan. Tantangan itu diterima dan dijadikan  motivasi untuk mengembangkan usahanya.

Produk "Berkah Lombok AFP" / Foto Gemboos Photret
Kini usaha peyek lombok "Berkah Lombok AFP" sudah berkembang dengan pesat dan  sudah mempunyai  20 orang karyawan yang berproduksi di timur pasar kemiri. Kini omset penjualannya bisa mencapai 45 juta per bulannya. Terbaru saat lebaran  tahun 2018 omset penjualannya bahkan menyentuh angka hampir 100 juta rupiah.

"Alhamdulillah untuk saat ini dalam sebulan bisa menjual 1,5 ton peyek. Untuk pemasarannya kami sudah sampai Papua bahkan ada yang membawa peyek lombok ini sebagai oleh-oleh ke luar negeri seperti Jerman dan Malaysia" ujar Ratri.

Ratri saat ini memang sedang gencar melakukan promosi terutama lewat media sosial berupa Facebook dan Instagram dengan nama "Berkah Peyek AFP" dan juga website www.berkahpeyek.com. Selain itu Ratri juga konsisten untuk menjaga kualitas produknya baik rasa maupun tingkat kerenyahan produk, originalitasnya dan tentunya tanpa menggunakan bahan pengawet.

Owner "Berkah Lombok AFP" / Foto Gemboos Photret
Untuk harga peyek lombok ini per kemasan 500gr hanya 38 ribu, 250gr seharga 22 ribu, kemasan pouch 100gr seharga 12 ribu dan ada kemasan ekonomis 50gr seharga 4 ribu rupiah. Selain peyek lombok juga ada variasi peyek lain seperti peyek rebon, kedelai hitam,   kacang hijau, bayam dsb. Terbaru sedang dikembangkan peyek LoTe (Lombok Pete) dan saat ini baru diproduksi sesuai pesanan pelanggan.

"Peyek lomboknya enak, gurih, dan renyah. Bisa buat cemilan juga bisa untuk lauk makan. Pedesnya pas banget, kalo sudah makan ga pengen berhenti" ujar salah satu pelanggan yang ditemui crew pituruhnews.com.

Pengemasan Peyek Lombok "Berkah Lombok AFP" / Foto Gemboos Photret
Bagi anda pecinta cemilan ringan, jangan khawatir karena Berkah Peyek AFP sejak 2015 sudah mempunyai sertifikat produksi pangan dan pada tahun 2017 mendapatkan ijin usaha mikro dan kecil serta mendapatkan sertifikat halal dari MUI.

Bagi pembaca yang ingin melakukan pemesanan ataupun ingin menjadi reseller maupun agen "Berkah Lombok AFP" bisa menghubungi admin dengan nomor 085601261868.


Penulis : Bay
Editor : ALK 
Baca Juga
Advertisement
Advertisement