Notification

×

Iklan

"Dagadung Zoefa" Sediakan Krupuk Gadung Rasa Original dan Pedas Asli Pituruh

Tuesday, 8 January 2019 | 12:58 WIB Last Updated 2019-05-29T19:01:00Z
Produk Dagadung Zoefa / Foto Luthfi
PITURUH, (pituruhnews.com) - Gadung merupakan salah satu jenis tanaman berumbi yang umumnya dipakai sebagai tanaman pangan. Gadung menghasilkan umbi yang dapat dimakan, namun mengandung racun yang dapat mengakibatkan pusing dan muntah apabila kurang benar pengolahannya. Salah satu bentuk pengolahannya adalah kerupuk gadung. Makanan satu ini menjadi salah satu cemilan favorit sejak zaman dulu,sampai sekarang.

Ditangan Uswatun Mufti (31) warga Dukuh Wetan RT 02/RW 05 Desa Pituruh, kerupuk gadung ini diolah dan dikemas dengan lebih modern sehingga meningkatkan nilai ekonomisnya. Berbeda dengan kerupuk di pasaran, krupuk gadung olahan Uswatun dikemas dengan lebih menarik sehingga dapat menarik minat banyak konsumen pecinta kerupuk gadung .Krupuk gadung buatannya saat ini mempunyai dua varian rasa populer yakni rasa original dan pedas.
Uswatun sudah merintis usaha "Dagadung Zoefa" ini sejak 11 Juli 2016. Awalnya karena keprihatinannya melihat potensi banyaknya stok gadung dari petani di Pituruh yang dijual mentah ke luar Pituruh dan di luar sana dijual lagi sudah dalam bentuk matang padahal jika diolah sendiri dan dijual dalam bentuk jadi akan dapat meningkatkan nilai jualnya.

"Melihat potensi tersebut saya berinisiatif mengolah dan mengemas kerupuk gadung dengan kemasan yang modern, dengan harapan bisa menjadikan salah satu oleh- oleh khas dari Kecamatan Pituruh, bahkan produknya bisa diterima di semua kalangan" Ucap Uswatun.

Kesulitan dalam proses pembuatan kripik Dagadung Zoefa ini adalah di sektor cuaca, pada saat hujan tidak bisa jemur. Selain itu, jika bukan pada musimnya akan kesulitan mendapatkan bahan baku sehingga harus menyetok dari petani dalam jumlah yang banyak.

"Begitu panen harus kita ambil dari petani" jelasnya.

Pemasaran produk "Dagadung Zoefa" sudah sampai Pusat Oleh-Oleh Purworejo-Kebumen, Mirota Kampus Yogyakarta, Kebumen, Magelang, bahkan juga tembus pasar Nasional seperti Sumatra dan Kalimantan. Uswatun dalam pemasarannya tidak hanya melayani offline saja namun juga memanfaatkan media sosial seperti facebook, instagram dan whatsaap.
Produk Dagadung Zoefa / Foto Ltf
Untuk harga "Dagadung Zoefa" ini varian rasa untuk umum original seharga Rp. 6.000,- Untuk varian rasa pedas seharga Rp. 8.000,- , Sedangkan untuk harga kelas premium yang biasane dijumpai disupermarket varian rasa original dengan harga Rp. 12.000 dan varian rasa pedas Rp. 15.000,-

Kerupuk gadung produksi "Dagadung Zoefa" mempunyai cita rasa yang gurih dan renyah untuk rasa originalnya sedangkan untuk varian pedasnya tetap terasa gurihnya dan kresnyes namun berasa pedas yang menggigit dan tidak terlalu pedas.

Penulis : Ltf
Editor : Bay
Reporter : Njb-Ltf

Iklan

×
Berita Terbaru Update