KPUD Purworejo Rekrut Relasi Pemilu 2019, 6 Peserta Dari Kecamatan Pituruh Ikut Seleksi

Advertisement
Tempat Pendaftaran Calon Anggota Relawan Demokrasi / Foto Anggoro
PURWOREJO, (pituruhnews.com)-- Jelang Pelaksanaan Pemilu 2019 dan tuntutan partisipasi sesuai dengan RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) sebanyak 77,5 % maka KPUD Purworejo melakukan rekrutmen Relasi (Relawan Demokrasi) sebanyak 55 orang melibatkan 10 basis kelompok masyarakat. Basis kelompok tersebut antara lain basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khsusus, kaum marginal, basis komunitas, basis keagamaan, dan basis warga internet (netizen).

Pada 2014 lalu KPUD Kab. Purworejo juga pernah merekrut Relasi tetapi hanya sebanyak 25 orang  yang diambil dari 5 sekmen yaitu sekmen keagaamaan, pemilih perempuan, pemilih pemula, pemilih disabilitas, dan pemilih marjinal.
Calon Anggota Relawan Demokrasi / Foto Anggoro
Akmaliyah, S.Pdi., M.Pd. dari Divisi Sosialisasi KPUD Kabupaten Purworejo mengungkapan harapannya terkait dengan Relawan Demokrasi ini agar dapat membantu KPU dalam mensosialisasikan kebijakan ataupun tahapan-tahapan terkait pemilu 2019. Pemilu 2019 ini merupakan sejarah baru di Indonesia karena menggabungkan Pemilihan  Legislatif dengan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Selain itu, rekrutmen Relasi ini dilakukan untuk membantu meningkatan partisipasi pemilih untuk Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, 17 April 2019 mendatang dan meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi. Langkah ini dilakukan berdasarkan Peraturan KPU nomor 10 tahun 2018 tentang sosialisasi, pendidikan pemilih dan partisipasi masyarakat dalam penyelanggaraan Pemilu.
Pada saat ditemui crew piturunews.com / foto anggoro
Adapun pendaftaran sudah dimulai sejak 11-13 Januari 2019 lalu. Total peserta yang mendaftar sebagai Relawan Demokrasi sebanyak 128 orang dari 16 kecamatan se-Kabupaten Purworejo. Dari tahapan itu 126 orang lolos ke tahap seleksi wawancara yang dilaksanakan pada tanggal 15-16 Januari 2019. Hasil dari seleksi ini akan diumumkan pada tanggal 17 Januari 2019 untuk menetapkan 55 Relasi terpilih . Selanjutnya bagi Relasi yang terpilih akan diberikan pembelakan pada tanggal 21 Januari 2019.

Dalam kesempatan tersebut  ada 6 orang dari Kecamatan Pituruh yang mendaftar sebagai Relawan Demokrasi yakni Ribut (Ngampel), Wiji Astuti (Prapag Lor), Nur Halimah (Luweng Lor), Sulis Cahyadi (Pituruh), Nanang Dwi Handoyo, dan Bayun Handoyo (Megulung Kidul).

"Sebenarnya ada 11 basis tapi basis yang satu adalah relawan demokrasi yang sedang kita rekrut ini. Jadi setiap basis ada  5 orang namun karena menjadi 10 basis maka pembagiannya tidak tentu namun akan ada Relasi yang masuk ke basis-basis itu untuk mensosialisakan pemilu. Sedangkan untuk pembagiannya  walaupun tidak sama karena basisnya bukan kecamatan, namun diusahakan di 16 kecamatan ini ada Relasi walaupun jumlahnya tidak sama" jelasnya.

Penulis : Bay
Editor : ALK
Baca Juga
Advertisement
Advertisement