Notification

×

Iklan

Tingkatkan Kapasitas Perangkat Desa 49 Sekdes Pituruh ikuti Bintek Siskeudes versi 2.0

Friday, 22 February 2019 | 06:57 WIB Last Updated 2019-02-22T04:00:25Z

PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Bidang Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa (P2KAD), DINPERMADES Kabupaten Purworejo melaksanakan BINTEK SISKEUDES versi 2.0 bagi Sekretaris Desa se-kabupaten Purworejo dengan narasumber Pokja Siskeudes Kab.Purworejo yg terdiri dari unsur dinpermades, dinKominfo, Bppkad, tenaga ahli p3md, kecamatan,dan pendamping desa).

Bintek Siskeudes  ini dilaksanakan di Ruang Gedung Arahiwang Setda kabupaten Purworejo dalam 5 angkatan  dimulai dari tanggal 13 - 28 Februari 2019, sedangkan untuk kecamatan Pituruh dilaksanakan hari Rabu dan Kamis tanggal 20 - 21 Februari 2019 bersama dengan Sekdes Kecamatan Bagelen dan Grabag.
Saat Materi
Susetyowati, SE selaku Kasi Pengelolaan Keuangan Desa Dispermades Kabupaten Purworejo menyampaikan bahwa pelatihan ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan teknis  implementasi aplikasi Siskeudes versi 2.0 dalam pengelolaan keuangan desa dari mulai tahapan Perencanaan, Penganggaran, (pelaksanaan kegiatan), Penata Usahaan, Pelaporan dan Pertangunggjawaban  yg mendasarkan Permendagri nomor 20 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa

"Secara teknis aplikasi ini dikelola oleh  pelaksana pengelola keuangan desa (PPKD) dimana  sekdes selaku koordinator pelaksanaan pengelolaan keuangan desa harus paham tentang penggunaan aplikasi ini," Ucapnya.

Moch. Malik, S.Kom  salah satu Pendamping Desa dari Kecamatan Pituruh mengatakan bahwa 49 sekretaris desa dari  Kecamatan Pituruh yang menjadi peserta pelatihan tersebut, didampingi oleh 4 orang pendamping desa.
 
"Empat Pendamping tersebut, yaitu Hamimah, Zaenal Arifin, Mochamad Malik dan Henry Dwi Pradipta, selain itu terdapat 12 Pendamping Lokal Desa yang turut serta dalam pelaksanaan kegiatan ini," Ujar Malik.
 
Foto Bersama
Sementara itu, Yusuf selaku Ketua Paguyupan Sekdes se-Kecamatan Pituruh sekaligus Sekertaris Desa Megulungkidul menambahkan bahwa pelatihan teknis selama 2(dua) hari tersebut sangat bermanfaat dan menambah wawasan serta keterampilan sekretaris desa.

Sebagai Koordinator Pelaksana Pengelolaan Keuangan desa, Yusuf juga berharap pelatihan teknis serupa dilaksanakan untuk kepala urusan keuangan desa, agar para pelaksana pengelola keuangan desa (kepala urusan/ kepala seksi lainnya) agar  mendapatkan materi secara langsung dari para narasumber.
×
Berita Terbaru Update