Notification

×

Iklan

Kalikotes dan Megulungkidul, Terima Benih Ikan Sebanyak 40.000 ekor dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah

Sunday, 3 March 2019 | 00:55 WIB Last Updated 2019-03-02T17:59:16Z
PITURUH, (pituruhnews.com) -  Penebaran Benih Ikan (Restocking) di Perairan Umum Kecamatan Pituruh Tahun 2019 ada dua desa, yaitu Desa Kalikotes dan Megulungkidul.

Restocking ini dilaksanakan pada Sabtu, (02/03/2019) yang berlokasi di aliran Sungai Kedung Gupit. Benih dari restocking ini merupakan bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah melalui Satuan Kerja Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purworejo. 
Penyerahan Benih Ikan di Desa Megulungkidul
Jenis ikan yang ditebar adalah ikan tawes dan nila hitam. Untuk desa Kalikotes mendapatkan bantuan benih ikan sejumlah 20.000 ekor ikan tawes, Desa Megulungkidul sejumlah 40.000 ekor nila hitam.

Sigit Purworejo mengatakan, agenda kegiatan restocking suapay bisa bermanfaat, guna menjaga keseimbangan ekosistem perairan, khususnya spesies ikan dengan keragamanan yang tinggi didalamnya.
Penerbaran Benih Ikan di Desa Kalikotes
Upaya menjaga kelestarian lingkungan perairan umum melalui restocking ikan seperti ini juga perlu adanya dukungan dari Pemerintah Desa maupun Kecamatan dengan menegakkan peraturan yang melarang/menindak para pelaku illegal fishing seperti strum, bom ikan, obat-obatan terlarang. "Yang merupakan demi kelangsungan hidup perairan umum bagi anak cucu kita kelak, " Ucapnya.

Kegiatan ini juga mengikutsertakan berbagai pihak mulai dari Pemerintah Desa, Polsek Pituruh, Karangtaruna dan warga masyarakat. Serta Satuan Kerja Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purworejo Sigit Purwito, Suyud dan Jatmiko. 
 
Penebaran di Kalikotes

"Berharap melalui restocking benih ikan di perairan umum Kabupaten Purworejo khususnya di wilayah kecamatan pituruh, dapat menumbuhkan kecintaan masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan perairan dan seluruh ekosistemnya," Ucap Sigit.
Penebaran di Megulungkidul
Dari 16 kecamatan dikabupaten Purworejo semua ditebari benih ikan kecuali kecamatan Kaligesing. Total penebaran sekabupaten Purworejo sejumlah 850.000 ekor ikan yang terbagi menjadi 3 gelombang, untuk gelombang pertama dilakukan pada tanggal 2 Maret sebanyak 460.000 ekor, 6 Maret 370.000 ekor dan 10 Maret sebanyak 20.00 dari 38 lokasi.
×
Berita Terbaru Update