Notification

×

Iklan

Pradista Kinanthi Wadah Seni Musik Keroncong asli Pituruh, Tampil di Padopokan Karya

Monday, 4 March 2019 | 12:57 WIB Last Updated 2019-03-04T06:06:57Z
PITURUH, (pituruhnews.com) - Segmen kedua "Padopokan Karya" yang diagendakan rutin dua minggu sekali, pada Sabtu, (02/03/2019) kembali digelar dengan mengajak grup musik keroncong "Pradista Kinanthi" untuk ndopok bareng.

Awal mula terbentuknya grup keroncong ini tidak lepas peran dari seorang pemuda Pituruh, yaitu Rizki Tritama. Rizki Tritama merupakan salah satu penyemangat teman-teman untuk selalu berkarya dibidang keroncong yang ada di Pituruh.

Acara Padopokan Karya / Foto Pur
Rizki Tritama mengatakan, kebetulan dulu dari salah satu sekolah, karena riski yang paling tua dan akhirnya merekrut mereka yang suka berkarya di seni keroncong. 

Pradista Kinanthi sebetulnya wadah untuk bekarya khususnya diseni musik keroncong, jangan sampai Indonesia kehilangan keroncongnya. Jadi ini rumah untuk siapapun yang mau bergabung dengan grup ini. Semua sama-sama belajar, tidak ada yang merasa paling bisa.

"Luar biasa dengan adanya acara padopokan karya ini, berharap semakin banyak ada wadah untuk ajang berkarya anak muda. Jangan sampai anak muda yang mempunyai talenta tapi tidak tahu dia harus dimana, bagaimana caranya supaya talenta tersebut tersampaikan dan muncul,'' Ucap Kiki.

Pradista Kinanthi dibentuk pada awal tahun 2018. Dimulai awal berkumpul dengan mengumpulkan para pelaku seni keroncong. Diacara padopokan ini Pradista Kinanthi juga mengajak seniman keroncong dari Yogyakarta bernama Apil.

Acara Popokan Karya / Foto Pur
Apil mengatakan, salut dengan teman-teman di Pituruh bisa meluangkan waktu untuk berkumpul rutin dua minggu sekali di acara Padopokan Karya, dan di setiap segmennya temanya berbeda.

"Senang untuk acara seperti ini, didaerah-daerah kota besar masih jarang dan di Yogyakarta belum banyak, banyaknya acara workshop, seminar dan sebagainya. Dalam berkarya apapun itu jenisnya, bidangnya jangan pernah bosan, sering diskusi dan sharing," Ucap Apil.
Foto Bersama / Foto Pur
Padopokan Karya ini juga hadiri oleh Siswa/siswi SMA Negeri 2 Purworejo. Alma Zaska Zakia siswi SMA Negeri 2 Purworejo mengatakan, pertama suka dengan keroncong karena disekolah ada grup musik keroncong dan penasaran dengan acara Padopokan Karya.

"Saya sangat apresiasi, adanya acara ini karena padopokan karya adalah wadah untuk pemuda yang mempunyai karya. Disegmen ini dengan mengundang Keroncong, yang pertama untuk melestarikan budaya, karena jarang anak muda yang ikut keroncong seperti ini, " Tutup Alma. (ltf)

Iklan

×
Berita Terbaru Update