Sambut Malam Takbir Dengan Pawai Obor dan Obat Abit

Advertisement
PITURUH, (pituruhnews.com) - Hari Raya Idul Fitri selalu disambut suka cita oleh umat muslim di penjuru dunia. Takbir yang mengagungkan asma Allah menggema dimana-mana, tak terkecuali di beberapa desa di Kabupaten Purworejo.

Desa Pituruh, Kecamatan Pituruh. Dalam menyambut  1 syawal 1440 H atau tepat pada Rabu (05/06) dengan melantunkan gema takbir sambil berkeliling kampung membawa oncor (obor) dan obat abit. Diikuti oleh anak-anak dan remaja yang pada malam ini sangat meriah.

Selain Pawai Obor juga diiringi oleh alunan suara kencreng yang ikut untuk memeriahkannya dan menambah semarak menyambut kemenangan.
Obat Abit
"Untuk memeriahkan malam takbir, menyambut hari raya idul fitri 1440 H, anak-anak, remaja karangtaruna dan warga desa Pituruh. Acara pawai obor dan obat-abit ini akan menjadi even tahuna, " ujar koordinator Novy Mardhasurya, Selasa, 04/06 malam.

Pawai ini dimulai pukul 19.30 malam, dengan berkeliling memutari desa kurang lebih 2 km, imbuhnya.

"Semoga kecamatan Pituruh dalam menyambut hari raya idul fitri, tetap diadakan kegiatan seperti ini karena selain melestarikan budaya dan tradisi, " imbuh Sabrina Yanva.
Pawai Lampion Desa Ngandagan
Selain desa Pituruh, Remaja Desa Ngandagan tak kalah ramainya, menyambut dengan pawai lampion berkeliling kurang lebih 3 km, yang diadakan selepas sholat isya'. 

Selepas pawai lampion, dilanjutkan pembagian doorprize, tutupnya. (pr)
Baca Juga
Advertisement
Advertisement