Desa Kalijering Nyadran Undang Kyai Kondang Dari Kebumen

Advertisement
KALIJERING, (pituruhnews.com) - Masyarakat Desa Kalijering menggelar sedekah bumi (Nyadran), dalam rangka mengucapkan rasa syukur atas hasil bumi di Desa Kalijering dengan tema "Guyub Rukun Ahnyengkuyung Raharjaning Kampung" dengan mengundang KH. Bejo Astajirin dari Tersobo, Prembun Kebumen, Senin, 27/01/2019.

Turut hadir Anggota DPRD Kabupaten Purworejo Luhur Tri Endro Sadewo, SP, Camat Pituruh Yudhie Agung Prihatno, S.STP, Danramil 09/ Pituruh Kapten Infanteri Maryono, Kapolsek Pituruh diwakili oleh Aiptu Sukarman, Kepala Suroyo, S.Pd,  seluruh masyarakat Desa Kalijering, dan desa sekitar beserta kepala desa.
penyampaian pengajian
Diungkapkan, ketua panitia Tulus Margono bahwa ditahun 2020 ini desa Kalijering mengadakan acara sadranan, yang artinya atu kesatuan untuk warga masyarakat desa Kalijering dengan meminta doa kepada tuhan Yang Maha Kuasa dan segera ke depannya itu diberikan kelancaran dalam hal apapun termasuk dalam pertanian, kesehatan ataupun hasil bumi.

"Bungkusan yang dibawa masyarakat ini bernama "Panjang Ilang", karena leluhur pada saat merti bumi/nyadran ini memakai panjang ilang dengan berbahan daun kelapa yang masih muda, " ucapnya.

"Walaupun arti dari panjang ilang belum sepenuhnya memahami dan mengetahuinya, akan tetapi kita percaya bahwa dengan menguri-uri kabudayaan nenek moyang kita jangan sampai punah di Desa Kalijering, " katanya.

"Dengan adanya Nyadran ini kita mengharapkan agar selalu bersyukur kepada yang maha kuasa yang membuat kita seperti ini yaitu yang maha kuasa. Dengan menguri-uri yang sudah dilakukan oleh nenek moyang pada masa dahulu. " imbuhnya.
kades bersama tamu
Kepala Desa Kalijering Suroyo menambahkan bahwa tradisi nyadran ini merupakan agenda rutin tahunan, cuma saja biasanya dilaksanakan tidak terfokus dalam satu tempat. Biasanya ada tiga titik, namun kita mencoba menunjukkan guyub rukunan warga desa Kalijering dengan sesuai tema yang diusung Nyadran ini.

"Adanya acara nyadran ini akan menjadi pondasi kesejahteraan, kesehatan sesuai dengan tema yang saya sampaikan tadi bahwa hidup guyub rukun ini akan membangun guyub rukun ahnyengkuyung raharjaning kampung. " ucapnya.

"Ini pertama yang dilakukan dalam satu tempat, dengan melibatkan semua warga kalijering dengan jumlah kurang lebih 500 kepala keluarga. Melalui nyadran ini antusias masyarakat dari pandangan saya sangat luar biasa, yang hadir di acara nyadran ini melebihi target. " tambah Suroyo.
sambutan camat
Sementara itu, Camat Pituruh Yudhie Agung Prihatno dalam sambutannya, sangat mengapresiasi kepada pemerintah dan warga desa kalijering yag telah nguri-uri budaya nyadran dan merti desa.

"Ini merupakan sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan YME, selain rasa syukur yang diwujudkan dalam kegiatan tersebut, diharapkan pemerintah dan masyarakat desa kalijering dapat mewujudkan dalam kehidupan sehari hari, " ucapnya.

"Melalui nyadran ini masyarakat selalu menjaga apa yang dimiliki, termasuk sawah, ladang, sungai, gunung, hutan dan sebagainya. Saya berharap  adanya program-program yang inovatif sesuai kebutuhan masyarakat seperti yang dilakukan di tahun 2019. dengan kegiatan ketahanan air yang memang dibutuhkan masyarakat Desa Kalijering karena sering terdampak kekeringan. " pungkasnya.(lt)
Baca Juga
Advertisement
Advertisement