Diguyur Hujan 2 Jam, Pohon Tumbang dan Banjir Landa Purworejo

Advertisement
PURWOREJO,  (pituruhnews.com) - Setelah hujan deras disertai angin kencang, pada pukul 14.00 wib sampai denfan 15.45 wib, menyebabkan pohon tumbang di berbagai wilayah di Kabupaten Purworejo. Tidak hanya itu setidaknya 3 titik keramaian di Purworejo terendam banjir. 

Kusairi Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Purworejo mengatakan setidaknya 5 titik pohon tumbang dan beberapa mengenai rumah serta menimpa kabel PLN. Daerah terdampak mulai dari Kecamatan Purworejo, Kemiri dan Loano. 

Ia mengatakan 2 rumah yang tertimpa pohon yaitu berada di Desa Kalinongko, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo. Setidaknya pihaknya menerjunkan 8 personil untuk penanganan dilokasi tersebut. 
lokasi banjir sekitar alun-alun
"Bapak Pardiyo (71th), Pohon Mahoni menimpa pada bagian dapur rumah yang menyebabkan kerusakan pada bagian atap (genteng, usuk dan reng) dan Bapak Sumeh (62 th), Pohon Jati menimpa pasa bagian kamar yang menyebabkan kerusakan bagian atap (genteng, usuk dan reng)," katanya.

BPBD Kabupaten Purworejo melakukan A2R2 (Assesment Awal Rehab Rekons) dan verifikasi kerusakan rumah. Perkiraan masing masing nilai kerusakan ± 3.000.000. 

Ia menambahkan pohon tumbang juga terjadi di Plaosan Pohon Karsen menimpa rumah Ibu Supri (55), Pohon Ketapang 2 Pohon Timur RS DKT, Menimpa rumah Bapak Sumardi dan Sainudin, Pohon Tumbang Melintang dijalan di Depan Gedung Wanita, Pohon Tumbang Di Desa Winong Kecamatan Kemiri Mengenai Kabel PLN. 
pembersihan reruntuhan pohon
Sementara itu 3 titik keramaian di Purworejo juga terendam air hingga ketinggian 30 cm. Bahkan intensitas air Sungai Bogowonto di Bendung Boro sempat level 290 cm. 

"Drainase tidak mampu tampung genangan, curah hujan tinggi meskipun todak lama, tinggi genangan sekitar 25-30 tetapi arus cukup deras," katanya 
pembersihan rumah warga tertimpa pohon
Pihaknya mengatakan 3 titik yang terendam adalah Alon-alon Kota Purworejo, Jalan depan kppn, dan barat jembatan Sungai bogowonto atau sering disebut dengan Buh liwung. (lt)
Baca Juga
Advertisement
Advertisement