Notification

×

Iklan

Optimalisasi Budikdamber, Pokdakan Mina Asri Banyuurip Safari ke Pokdakan Mina Tirta Pituruh

Monday, 10 August 2020 | 18:30 WIB Last Updated 2020-08-10T11:30:08Z

penyampaian materi

PITURUH, (pituruhnews.com) - Minggu, (09/08/2020) Pokdakan Mina Asri dan KWT Anggrek Asri melaksanakan kegiatan safari atau study banding di Pokdakan Mina Tirta, Desa Pituruh, Kecamatan Pituruh.


Tujuan dari kunjungan ini yaitu belajar dan bermitra usaha guna optimalisasi usaha Budidaya Ikan Dalam Ember (Budikdamber). Fasilitas ini teralisasi berkat dukungan Penyuluh Perikanan Kecamatan Pituruh dan Kecamatan Banyuurip yaitu Sigit Purwito,S.Pi dan S Oki Utami, S. Tr. Pi.

peserta pokdakan

Study Banding ini dihadiri oleh 30 orang meliputi Kepala Desa Pituruh, Penyuluh Perikanan Kecamatan Pituruh dan Kecamatan Banyuurip. Kemudian peserta dari anggota Pokdakan Mina Asri/KWT Anggrek Asri, anggota Pokdakan Mina Tirta, ibu-ibu PKK tingkat RT dan RW Desa Pituruh, Ketua Pokdakan Mina Berkah dan Pokdakan Mina Sari.


Acara dibuka dengan sambutan Kepala Desa Pituruh Akhmad Anwar yang mewakili tuan rumah, lalu disambung oleh perwakilan dari Pokdakan Mina Asri/KWT Anggrek Asri, kemudian dilanjut presentasi dari anggota Pokdakan Mina Tirta sekaligus Praktisi Lember Ardhie Firnando, SP. Forum diskusi dan tanya jawab dilanjut di lapangan dengan penjelasan detail kelebihan dan kekuranganya.


Sharing pengalaman dalam budidaya ini langsung disampaikan oleh Ardhie Firnando, SP. Ia sudah berkecimpung di Lember (25-30 ember) selama 2 tahun. Ini sangat bermanfaat dalam berbagi ilmu dan keuntungan untuk diterapkan oleh peserta.

proses safari

Sementara itu, Sigit Purwito, Penyuluh Perikanan Kecamatan Pituruh menambahkan bahwa disamping sebagai media budidaya ikan yang unik, juga untuk pemenuhan gizi keluarga yang didapat dari ikan dan sayuran. Terlebih kegiatan budidaya ini didukung guna mensukseskan program dari Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan istilah nama Yumina/Sayur dan Mina (ikan).


"Seusai kegiatan ini diharapkan bisa mendorong dan menumbuhkan inovasi teknologi usaha yang mudah diterapkan, efektif, efisien, bernilai gizi tinggi,  serta sebagai pola upaya menggerakkan pemberdayaan masyarakat di segala lapisan masyarakat. " tutupnya.


Reporter : Luthfi

Editor : Ambar/Bay

Iklan

×
Berita Terbaru Update