Notification

×

Iklan

Ratusan Peserta Ikuti Lomba Merpati Kolong Bupati Purworejo Cup 2020, Rebutkan Total Hadiah 50 Juta

Sunday, 9 August 2020 | 08:00 WIB Last Updated 2020-08-10T01:06:25Z
pecinta burung merpati

PITURUH, (pituruhnews.com) - Para penggemar merpati mengikuti lomba burung merpati tinggi kolong meja dalam acara Bupati Cup Purworejo 2020 di Lapak Sigempur Desa Megulunglor, Kecamatan Pituruh yang digelar selama 2 hari, mulai Sabtu (8/8) sampai Minggu (9/8).


Adanya pendemi covid-19 ini tidak menyurutkan semangat para peserta untuk menuangkan hobinya dalam perebutan Piala Bupati Cup Purworejo 2020. Tak hanya itu, perlombaan ini juga menerapkan peraturan protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan pengecekan suhu tubuh di depan pintu gerbang masuk.

pemenang merpati kolong

Ketua penyelenggara Lomba Merpati Kolong Meja ini, Suroso mengatakan bahwa perlombaan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-75. Peserta lomba merpati kolong meja ini berasal dari berbagai penjuru Purworejo, bahkan sampai Kabupaten Kebumen.


"Peserta ini ada sekitar 800 an pasang burung merpati yang mengikuti lomba. Ini merupakan kali pertama yang di gelar di kabupaten Purworejo. " katanya ke tim Pituruh News Minggu (09/08/2020).


Tidak hanya juara saja yang diperoleh, namun juga ada hadiah berupa uang yang burung merpatinya masuk sebagai 10 hingga 20 besar. Tidak tanggung-tanggung, total hadiah perlombaan ini sebesar 50 juta rupiah.


"Tidak hanya hadiah uang, pemenang juga mendapatkan sertifikat kejuaraan. " katanya.


Perlombaan ini menggunakan sistem gugur dengan melihat kecepatan dan skill burung merpati milik peserta.


Perlombaan yang rutin digelar tiap dua pekan oleh organisasi Penggemar Merpati Tinggi Indonesia (PMTI) di Jawa Barat dan Jawa Tengah ini bisa menghasilkan uang hingga ratusan juta rupiah.


Beny Sugiarto, pemenang dalam perlombaan tersebut mengatakan untuk merebut podium juara tidaklah mudah. Pasalnya, peserta yang ikut dalam sebuah lomba harus melatih burung merpati mereka. Hal itu karena lokasi yang baru bagi burung harus dikenalkan terlebih dahulu agar burung dapat melewati kolong yang sudah disediakan panitia. 


"Saya melatih burung dari hari Kamis, Jumat dan Sabtu baru ikut lomba, saya nglatihnya disini jadi dua hari sebelumnya saya sudah disini," katanya.

pengecekan suhu badan

Ia menambahkan uang untuk pendaftaran hanya dipatok sebesar 80 ribu untuk satu merpati. Kegiatan yang dilaksanakan di lapangan Sigempur, Desa Megulung Lor tersebut berhasil melahirkan juara baru. Juara pertama mendapatkan 19 juta juara kedua 9 juta, juara tiga 5.750.000 dan juara empat mendapatkan 3.750.000. Untuk juara 5-10 mendapatkan 1.250.000 dan juara 10-20 mendapatkan 500.000. 


"Sangat susah masuk 10 besar aja apalagi juara, karena pesertanya sangat banyak," imbuhnya.


"Dikarena event ini masih dalam pandemi covid-19, peserta diwajibkan menggunakan protokol kesehatan dengan memakai masker pada saat di area lomba. " pungkasnya.


Reporter : Ambr/Naufal

Editor : Lt

Iklan

×
Berita Terbaru Update