Notification

×

Iklan

Nanas Madu Jadi Buruan Selama Ramadan Manis, Segar, dan Ampuh Jaga Imunitas Tubuh

Selasa, 27 April 2021 | 18:57 WIB Last Updated 2021-04-27T12:00:19Z

PURWOREJO- Nanas Madu menjadi salah satu buah yang menjadi buruan masyarakat selama bulan suci Ramadan 1442 H ini. Selain cocok menjadi menu buka puasa karena kesegarannya, Nanas Madu mengandung banyak nutrusi dan vitamin sehingga dipercaya ampuh menjaga imunitas tubuh selama pandemi Covid-19. 

Sejak awal Ramadan, pedagang Nanas Madu khas Pemalang bertebaran di sejumlah titik ruas jalan di Kabupaten Purworejo. Salah satu yang cukup ramai pembeli terpantau di pinggir Jalan Urip Sumoharjo atau depan KPPN Purworejo.

Di lapak sederhana milik Ari Acong (40) tersebut, pembeli tampak silih berganti dan mengantre sejak siang hingga waktu menjelang waktu buka puasa. 

“Alhamdulillah, penjualan meningkat drastis selama Ramadan ini,” kata Acong, Minggu (25/4). 

Peningkatan itu bahkan bisa mencapai 2 kali lipat. Dari yang biasanya hanya sekitar 100 buah, kini bisa mencapai 200 buah lebih dalam seharinya. 

“Pandemi ini permintaan pembeli malah meningkat. Ramadan tahun lalu malah lebih ramai dari sekarang,” ujarnya. 

Ari yang berjualan bersama sang istri, Asih (36), ini mengaku sudah mulai membuka lapak di lokasi itu sejak 8 tahun lalu. Bahkan, mungkin masuk dalam deretan pedagang Nanas Madu pertama di Purworejo. 

Uniknya, sejak kali pertama berjualan itu, harganya tidak pernah mengalami kenaikan. Harga untuk Nanas kupas yang dibungkus dengan mika ukuran besar dibandrol Rp10 ribu dan mika kecil Rp5 ribu. Kemudian untuk Nanas besar tanpa kupas Rp9 ribu dan Nanas kecil tanpa kupas Rp4.500.

“Sejak pertama jualan harganya ga pernah berubah. Untuk pasokan buahnya melimpah, tapi hanya dari Pemalang,” sebutnya. 

Warga Brengkelan Kecamatan Purworejo ini menuturkan, tingginya permintan Nanas Madu saat pandemi seiring dengan naiknya pengetahuan masyarakat terhadap manfaat Nanas Madu. Tingginya vitamin dan nutrisi dalam Nanas dipercaya mampu mengurangi gangguan sejumlah penyakit, di antaranya amandel, gangguan mulut atau sariawan, asam urat, dan kolestrol. Dibandingkan Nanas jenis biasa, Nanas Madu memiliki serat yang lebih lembut dan tidak gatal serta terasa lebih manis sehingga cocok untuk hidangan buka puasa. 

“Di lambung juga aman. Banyak masyarakat yang meyakini buah Nanas ini mampu meningkatkan imunitas tubuh,” ungkapnya.  

Salsa (20), warga Kelurahan Kesenang Kecamatan Purworejo, menjadi salah satu pelanggan Nanas Madu. Ia mengaku lebih kerap mengonsumsi Nanas Madu selama Ramadan ini karena rasanya yang segar, harga terjangkau, serta kaya kandungan vitamin.

“Cocok untuk buka puasa serta sahur. Bisa dibuat untuk es buah juga,” ucap Salsa. (lt)


Iklan

×
Berita Terbaru Update