Notification

×

Iklan

SMA Negeri 10 Purworejo Mantapkan Langkah Majukan Pendidikan

Tuesday, 6 April 2021 | 06:40 WIB Last Updated 2021-04-05T23:40:49Z

 

KALIKOTES, (pituruhnews.com) - Bertempat di Aula SMA N 10 Purworejo, telah dilaksanakan acara In House Training. Kegiatan ini guna memberikan pondasi kualitas pendidik dan tenaga pendidik di SMA N 10 Purworejo. Pada Senin, 05/04/2021 pukul 10.00 WIB.


Tema yang usung dalam acara In House Training ini yatitu "Penguatan Kualitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMAN 10 Purworejo, menuju Penilaian Akreditasi Sekolah Optimal dan Sekolah Berbudaya Mutu". Kegiatan ini mengundang narasumber Kepala Cabang Dinas Wilayah VIII, Dr. Nikmah Nurbaity, M.Pd. B.I.


Turut hadir dalam acara ini Pengawas SMA Provinsi Jawa Tengah yakni Drs. Sutrasno, M.Pd, Dra. Sri Sujarotun, M.Pd, Kepala Sekolah SMA N 10 Purworejo Dra. Setyo Mulyaningsih, M.Pd. B.I  dan dewa guru SMA N 10 Purworejo.

Kepala Sekolah SMA N 10 Purworejo Dra. Setyo Mulyaningsih, M.Pd. B.I , dalam sambutannya menyampaikan selamat datang dan berterimakasih kepada keluarga SMA N 10 Purworejo, dan sangat terimakasih pula kepada Kepala Cabang Dinas Wilayah VIII yang didampingi Pengawas SMA Provinsi Jawa Tengah yang telah hadir untuk memberikan motivasi dan pencerahan bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMAN 10 Purworejo.


Ia mengatakan kepada tamu undangan bahwa selama masa Pandemi Covid-19, berbagai kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh secara Daring atau Online telah dapat dilaksanakan dengan baik begitu pula Penilaian PJJ seperti PTS, PAS, US.


"Namun segenap guru dan karyawan telah berupaya untuk belajar menguasai Media Pembelajaran  dan Media Layanan Berbasis IT. Kegiatan Webinar, Diklat Online terus diikuti oleh  guru dan karyawan di sela-sela melaksanakan layanan PJJ/BdR. " kata Setyo Mulyaningsih.


"Hal ini semata-mata untuk meningkatan mutu dan layanan para peserta didik selama BdR. Berbagai prestasi peserta didik pun tetap dapat diraih dan dipersiapkan oleh Tim Pengembangan Diri SMAN 10 Purworejo. Kegiatan ini juga tetap menerapkan protokol kesehatan. " imbuhnya.


Sesuai mutu sekolah, lulusan siswa SMA N 10 Purworejo tetap dipersiapkan pula untuk bisa memasuki jenjang Pendidikan Tinggi, baik melalui SNMPTN, UTBK maupun jalur Mandiri. Untuk mendukung semakin mantapnya layanan pendidikan SMAN 10 Purworejo.


Setyo Mulyaningsih menambahkan memohon kepada Kepala Cabang Dinas Wilayah VIII untuk memberikan penguatan, motivasi agar persiapan Akreditasi dan Layanan Pendidikan dapat dipersiapkan dengan optimal. 


Rangkaian acara sebelum In House Training dimulai, para tamu undangan diputarkan Video Profil SMAN 10 Purworejo yang telah disusun secara mandiri oleh Tim Publikasi Sekolah. 

Dalam penyampaian materi dalam In House Training ini, narasumber Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah VIII Dr. Nikmah Nurbaity, M.Pd. B.I. menyampaikan bahwa dalam pembinaannya sangat mengapresiasi terlebih dahulu kemajuan dan kekompakan SMA dalam mengawal jalannya pendidikan meski di masa pandemi ini. Terbukti dengan lingkungan sekolah yang makin asri, hijau dan bersih serta semangat dan kekompakan segenap warga sekolah untuk ber-IHT dengan baik dan memberikan layanan terbaik dalam PJJ. 


Ia menambahkan kalimat pertanyaan untuk menggugah kesadaran seluruh peserta IHT tentang keberadaan SMAN 10 Purworejo dan kebanggaan untuk tetap mencintai Sekolah, yaitu "Ketika SMAN 10 Purworejo ini berada di Kecamatan Pituruh, Apa sih keunggulannya?" "What is different?".


Sesuai dengan visi misi sekolah, kepada tim Pituruh News bahwa hal yang bisa menjadi unggulan menjadi pretasi atau karakter peserta didik jni, setiap unsur sekolah baik kepala sekolah dan dewan guru harus bisa mencintai dan bangga dengan keberadaan  SMAN 10 Purworejo. 


Dalam materinya hal-hal penting, yaitu : 

Dengan menggelorakan semangat untuk menyiapkan diri dalam menghadapi Akreditasi Sekolah yang direncanakan 28 Oktober 21 mendatang yakni 

1. Perihal Pengelolaan Pendidikan di Era New Normal 

2. Tetap laksanakan 3 M

3. Evaluasi PJJ

4. Upayakan siap menjalani hidup di era baru Teknologi Digital 4.0

5. Sukseskan Kegiatan Sekolah Online selain PJJ

6. Rencanakan Blended Learning

7. Bersiap Mengajukan PTM

8. Persiapan PTM

9. Tingkatkan Literasi Membaca dan Numerasi

10. Bekali diri peserta didik menjadi Generasi Emas 2045 Ketrampilan Abad 21

11. Optimalkan Pencapaian 8 SMP


Pada akhir materi dalam motivasi ini, narasumber berpesan bahwa kepada keluarga SMA N 10 Purworejo dan mengucapkan selamat kepada sekolah untuk terus mempertahan prestasinya selama masa pandemi covid-19. Dan juga kepada Cabang Dinas VIII terus maju dengan berbagai prestasi. Siswa, Guru, Karyawan, Kepala Sekolah terus melakukan yang terbaik. Beliau juga menyampaikan bahwa yang diperlukan oleh guru saat ini yaitu Digital comptence, Contextual intelegence. 


Dan juga tantangan ke depan yang harus dihadapi yakni

1. Students muat be actively engaged

2. Teacher must be very creative in teaching

3. Create : The More connectio, the better

4. Promote More Choices; More Selectivity

5. Cultivate students creativity

6. Create more collaboration learning

7. Use technology to support teaching not to replace teachers.


"Saya berharap dari ketujuh tantangan ke depan yang disampaikan oleh saya, dapat termotivasi. Semoga bisa disikapi bersama dengan bijak oleh segenap keluarga besar SMA N 10 Purworejo. " tutup Nikmah Nurbaity. 


(Humas SMA N 10 Purworejo, Yuni Raraswati) 

Editor : Luthfi

Iklan

×
Berita Terbaru Update