Notification

×

Iklan

Glasswood Akuarium Unik Pemanis Setiap Sudut Ruangan

Monday, 21 June 2021 | 07:39 WIB Last Updated 2021-06-21T00:39:41Z

Beberapa tipe Glasswood Aquarium readystock di Purworejo

PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Hobi memelihara ikan cupang atau guppy kembali menjadi tren masyarakat Purworejo akhir-akhir ini. Ikan hias itu menjadi salah satu hiburan warga yang kini harus lebih banyak mengisi waktunya di rumah, akibat pandemi yang melanda bangsa ini.

Dalam memelihara dua ikan, tentu butuh sarana akuarium sebagai media hidupnya. Masih saja ada pehobi yang memelihara ikan itu pada akuarium berbentuk balok kecil, bahkan ada yang memakai toples plastik bekas makanan. Sebenarnya ikan cupang itu bandel, mau pakai media apapun, asal airnya bersih, ikan pasti hidup.

Hanya saja tentu media pelihara itu kadang kurang bisa untuk menonjolkan keindahan warna dan liukan-liukan sirip ikan cupang atau guppy. Glasswood Aquarium adalah solusinya.

Mengapa? Sebab akuarium itu terbilang unik dan cantik. Glasswood merupakan kombinasi seni kerajinan kaca tiup dengan akar kayu Gamal atau Klariside. 

Akar kayu Gamal, penentu keindahan Glasswood Aquarium
Sang perajin Glasswood Aquarium dari Pulau Bali itu juga tidak asal mengambil akar tanaman yang masih muda. Melainkan mengambil dari pohon sudah berumur tua, bahkan kebanyakan telah terendam air dalam waktu lama dan kulit kayunya sudah terkelupas. Hasilnya tekstur kayu dan lekukan-lekukan uniknya terlihat dengan jelas.

Nah, kaca setebal lima milimeter dipanaskan hingga meleleh, lalu ditiup dan ditancapkan pada akar Gamal, hingga bentuk kaca pun mengikuti lekukan akar. "Di sini indahnya akuarium akar kayu Gamal," kata pehobi ikan cupang Purworejo, Hendri Utomo.

Keunikan lain adalah beragamnya bentuk akar yang digunakan akan menghasilkan produk yang berbeda antara satu akuarium dengan lainnya. Tidak akan mungkin ditemukan satu produk glasswood, sama persis dengan produk lainnya. Glasswood Aquarium itu memang dikonsep edisi terbatas oleh perajinnya.

Glasswood Aquarium pun menjadi akuarium unik yang pas diaplikasikan untuk dekorasi berbagai sudut ruangan. Banyak yang memasangnya di meja tamu, makan, kantor, atau resepsionis kafe dan tempat pelayanan publik. Bahkan glasswood dengan kayu berukuran besar, dapat ditempatkan di sudut ruangan atau sekaligus dikombinasikan untuk menanam anggrek.

Liukan ikan cupang dalam Glasswood Aquarium.
Glasswood Aquarium itu kini sudah hadir di Purworejo dan menjadi tren di kalangan muda, termasuk menengah ke atas. "Stok barangnya dikirim dari perajinnya di Bali dalam berbagai ukuran dan harga," kata pemilik akun Instagram @glasswood.purworejo, Jarot Sarwo.

Pemasaran glasswood di Purworejo pun cukup bagus. "Perputaran barang paling lama hanya dua minggu, lalu order lagi kepada perajinnya," ucapnya.

Glasswood dijual mulai Rp 70.000 untuk ukuran terkecil, yakni diameter kaca sepuluh sentimeter, hingga Rp 200.000 ukuran gelas dua puluh sentimeter. Untuk jenis spesial seperti akar kayu besar dengan dua hingga empat akuarium, dijual hingga Rp 300.000 - Rp 500.000 perset. 

Glasswood Aquarium pun dapat semakin dipercantik dengan penggunaan batu koral dan tanaman hias yang bisa hidup dalam air. "Seting saja dengan kerikil hias, setangkai sirih gading atau janda bolong, dan dikasih air bersih, baru ikan cupang atau guppy. Tapi ingat, cupang itu ikan soliter, jadi satu akuarium satu ekor, kalau lebih pasti akan bertarung, nah kalau ikan guppy boleh diisi beberapa ekor," terangnya.

Kombinasi glasswood aquarium, tanaman hias, koral, dan tentunya ikan, akan semakin memperindah ruangan. Liukan ekor cupang atau guppy dalam balutan glasswood yang eksotis, pasti menenangkan siapapun yang melihatnya. 

Jika ingin memesan glasswood ini bisa menghubungi kontak person 
081215737700 (Jarot)

Iklan

×
Berita Terbaru Update