Notification

×

Iklan

PURWOREJO MENERIMA 21 MAHASISWA KKN-T IPB 2021

Wednesday, 7 July 2021 | 09:55 WIB Last Updated 2021-07-07T02:55:22Z


PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Rabu, 30 Juni 2021 bertempat di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DINPERMADES) Kabupaten Purworejo telah berlangsung kegiatan lokakarya dan serah terima mahasiswa KKN-T IPB 2021 di Kabupaten Purworejo. Acara ini dihadiri oleh beberapa pihak, diantaranya perwakilan IPB, perwakilan DINPERMADES Purworejo, Kepada Desa Purbayan, Pamriyan, dan Rasukan, serta perwakilan mahasiswa yang akan melaksanakan KKN di Purworejo. Kegiatan yang berlangsung di Purworejo ini diadakan secara hybrid  yaitu perpaduan online dan offline dikarenakan adanya pandemi Covid-19. Rangkaian acara diawali dengan pembukaan dan sambutan oleh Bapak Anas Naryadi, SH.MM. selaku perwakilan DINPERMADES Purworejo. Selanjutnya, sambutan dari IPB diwakili oleh koordinator wilayah KKN-T IPB Purworejo yaitu Bapak Dr. Yudha Heryawan Asnawi, MM.


KKN-Tematik merupakan bentuk pendidikan yang kegiatan utamanya berada di luar kampus dengan memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah-tengah masyarakat, dimana mahasiswa secara langsung bersama-sama masyarakat mengidentifikasi, menganalisis, dan menangani masalah-masalah pembangunan yang dihadapi masyarakat secara terintegrasi antar profesi di IPB. Menurut pemaparan Bapak Yudha, IPB tetap mempunyai komitmen dalam melaksanakan program pendidikan yaitu KKN-T walaupun terkendala pandemi. Tahun ini, IPB mengadakan KKN-T dengan tema “Optimalisasi Pemanfaatan Sumberdaya Wilayah dan Pemberdayaan Masyarakat melalui Techno Socio Entrepreneurship untuk Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s) pada Masa Pandemi Covid-19”.

Pada tahun 2021, KKN-T IPB diikuti oleh 3.513 mahasiswa di 153 kabupaten/kota yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia, salah satunya adalah Kabupaten Purworejo. Seperti yang kita ketahui, bahwa IPB merupakan salah satu universitas dengan inovasi tertinggi di Indonesia bahkan dunia sehingga diharapkan KKN-T dapat memberikan dampak kepada masyarakat untuk terus mengembangkan potensi desa melalui pengembangan teknologi. Tidak seperti beberapa tahun yang lalu, tahun ini KKN-T IPB diadakan di domisili masing-masing mahasiswa dikarenakan situasi dan kondisi pandemi yang membuat beberapa aktivitas pembelajaran menjadi terbatas.


Kabupaten Purworejo tahun 2021 menerima sebanyak 21 orang mahasiswa dari IPB yang akan tersebar di tiga desa, yaitu Desa Purbayan, Desa Pamriyan, dan Desa Rasukan. Menyimak dari kuliah pembekalan potensi wilayah yang disampaikan oleh Bapak Abdul Malik, SE.MM., Purworejo mempunyai potensi pertanian, perikanan, dan pariwisata yang belum dimanfaatkan secara optimal. Beliau berharap dengan adanya kerjasama antara IPB dan Purworejo melalui program KKN-T dapat membantu untuk mengembangkan desa wisata di Purworejo, memberikan solusi untuk pembangunan desa menjadi lebih baik, dan memanfaatkan potensi desa dengan optimal. (Zainal)

Iklan

×
Berita Terbaru Update