Notification

×

Iklan


Bupati Purworejo Kukuhkan PASKIBRAKA 2021

Sabtu, 14 Agustus 2021 | 08:10 WIB Last Updated 2021-08-14T01:10:38Z

PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) Tahun 2021 Kabupaten Purworejo, Jumat (13/08/2021). Kegiatan yang dipusatkan di Ruang Arahiwang tersebut, dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat dan dengan peserta yang terbatas. Hadir dalam mendampingi Bupati Purworejo, antara lain Kepala Dindikpora Sukmo Widhi Harwanto SH MM, Kabag Humas dan Protokol Setda Rita Purnama SSTP MM, serta pengampu dan anggota Paskibraka yang dilantik.

Dalam kesempatan itu Bupati mengucapkan selamat kepada seluruh anggota Paskibraka yang baru saja dikukuhkan. “Teriring harapan, semoga pada saatnya nanti dapat melaksanakan tugas yang dibebankan sebagai anggota Paskibraka dengan lancar dan sukses,” ungkapnya.


Lebih lanjut bahwa Peringatan HUT Kemerdekaan sudah dua kali dilaksanakan dalam suasana pandemi Covid-19. Hanya  kegiatan-kegiatan pokok yang bisa kita laksanakan, sedangkan kegiatan pendukung seperti karnaval, lomba-lomba, pentas seni dan lainnya terpaksa ditiadakan. “Namun kesemuanya itu semoga tidak mengurangi makna dan kekhidmatan peringatan hari bersejarah ini,” harapnya.


Dijelaskan bahwa upacara Pengukuhan Paskibraka merupakan suatu proses yang berkelanjutan mulai dari seleksi yang ketat dan pelatihan yang cukup berat, sampai pada akhirnya disahkan dan menyandang predikat sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka. Pengukuhan Paskibraka juga merupakan wahana penanaman rasa kebanggaan dan kehormatan dalam pelaksanaan tugas negara, yakni pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih. pertanggungjawaban dari kepercayaan dan kehormatan itu, hendaknya diwujudkan dengan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.


Menurutnya, tidak semua orang bisa mendapat kesempatan untuk mengemban misi yang mulia ini. Oleh karena itu, apa yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus mendatang agar menjadi tonggak penting, tonggak bersejarah dalam melangkah ke depan, mempersiapkan diri untuk menjadi putera-puteri terbaik bangsa.


“Satu hal yang perlu ditanamkan dalam sanubari bahwa misi PASKIBRAKA tidak berhenti pada momentum 17 Agustus saja, namun jiwa nasionalisme, kepeloporan serta kepemimpinan yang terbentuk, harus mampu terjaga dan terus dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan harus memberi pengaruh positif bagi rekannya dan masyarakat luas,” pesannya.


Dikatakan bahwa pandemi juga membuat kiprah anggota Paskibraka tidak bisa disaksikan oleh masyarakat luas, bahkan untuk sekedar mengenali wajahnya-pun nyaris tidak bisa, karena sebagian harus tertutup masker. “Namun sorot mata seluruh anggota Paskibraka menyiratkan semangat yang membara sebagai pewaris jiwa patriot dari para pahlawan kusuma bangsa untuk dapat melaksanakan tugas mengibarkan Sang Saka Merah Putih dengan sebaik-baiknya,” tegas Bupati.


Di akhir sambutanya, Bupati juga berpesan agar anggota PASKIBRAKA menjaga kesehatan, memperhatikan pola makan, dan tetap fokus pada tugas masing-masing. Dengan demikian, tugas penting pada pagi hari maupun sore hari pada tanggal 17 Agustus nanti, dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Iklan

×
Berita Terbaru Update