Notification

×

Iklan

DAMPAK PERKEMBANGAN KEMAJUAN TEKNOLOGI BAGI REMAJA MASA KINI

Wednesday, 22 December 2021 | 17:05 WIB Last Updated 2021-12-22T10:05:44Z


Hampir segala hal yang ada di dunia ini menjadi mungkin dan mudah dengan adanya teknologi. Pada zaman modern ini, perkembangan kemajuan teknologi di Indonesia semakin pesat. Salah satu contoh pesatnya perkembangan kemajuan teknologi di Indonesia adalah penggunaan gawai. Namun, perkembangan kemajuan teknologi tersebut memberi pengaruh atau dampak terhadap masyarakat, khususnya bagi para remaja. Remaja masa kini cenderung tidak dapat terlepas dari penggunaan gawai dalam segala aktivitasnya.

Perkembangan kemajuan teknologi ini mempunyai dampak negatif dan positif bagi para remaja masa kini. Salah satu contoh dampak negatif dari perkembangan kemajuan teknologi bagi remaja masa kini adalah kecanduan akan penggunaan gawai yang menjadikan mereka lupa untuk belajar dan menuntut ilmu pengetahuan sebagaimana mestinya. Dampak negatif lain dari perkembangan kemajuan teknologi adalah:

1) Kehilangan kemampuan bersosialisasi

Teknologi mampu meracuni dan menyebabkan candu pada penggunanya. Remaja dan anak-anak yang mengalami kecanduan teknologi pada umumnya hanya menghabiskan waktu di rumah untuk bermain komputer dan jarang keluar rumah untuk bersosialisasi. Tentu saja hal ini sangat berbahaya dan mampu membuat remaja dan anak-anak yang mengalami kecanduan teknologi menjadi sulit menyatu dengan nilai, norma, dan struktur sosial di dalam masyarakat.

2) Menurunnya prestasi belajar

Seperti yang dikatakan pada poin 1 "teknologi mampu meracuni dan menyebabkan candu pada penggunanya”. Hal itu tidak hanya dapat menurunkan kemampuan remaja dan anak-anak bersosialisasi namun juga mampu menurunkan prestasi belajar remaja dan anak-anak. Remaja dan anak-anak yang pada awalnya senang belajar menjadi tergila-gila terhadap game dan gadget sehingga prestasi belajar remaja dan anak-anak pun menurun. Sebenarnya game memang baik untuk mengasah ketajaman berpikir  namun jika terlalu sering bermain game bisa membawa dampak buruk. Solusi untuk menanggulangi masalah ini adalah membatasi jam bermain game para remaja atau anak-anak dan menjadikan game dan gadget sebagai sarana belajar yang mengasyikkan bagi remaja dan anak-anak sehingga prestasi belajar mereka tidak menurun.

       Adapun cara mengatasi dampak-dampak negatif tersebut adalah :

 1). Gunakan teknologi untuk menjalin hubungan dengan orang yang sudah dikenal

 2). Cari komunitas positif  yang sering melakukan pertemuan di dunia nyata

3). Perlunya penegakkan hukum yang berlaku dengan dibentuknya polisi internet

4). Menghindari pemakaian gawai yang berfitur canggih oleh anak-anak dibawah umur dan lebih mengawasi penggunaan gawai

5). Perbanyak membaca buku-buku yang bersifat edukatif dan bersifat keimanan serta aplikasi gawai atau komputer yang bersifat mendidik

6). Perlunya pengaturan waktu untuk berada di depan layar gawai, komputer atau televisi.

Sedangkan, dampak positifnya adalah para remaja dapat mengenal lebih luas tentang perkembangan kemajuan teknologi yang ada di berbagai negara,  memungkinkan mereka untuk menambah informasi tentang ilmu pengetahuan, dan mempermudah proses pembelajaran bagi para remaja khususnya dibidang pendidikan. Oleh karena itu, kita sebagai remaja penerus bangsa harus mampu memanfaatkan perkembangan kemajuan teknologi dengan sebaik-baiknya.

Namun dalam hakikatnya, perkembangan kemajuan teknologi dan dampaknya dalam kehidupan sehari-hari adalah hal yang tidak dapat kita hindari. Akan tetapi, kita dapat melakukan tindakan yang bijak terhadap diri kita sendiri agar perkembangan kemajuan teknologi yang semakin pesat ini tidak sampai menggeser jati diri kita sebagai manusia yang memiliki norma dan nilai pekerti yang luhur.

 

Nama Penulis

Eviyanti (212180146)

PGSD 1D

Universitas Muhammadiyah Purworejo

Iklan

×
Berita Terbaru Update