Notification

×

Iklan

Dampak Teknologi Terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat

Wednesday, 29 December 2021 | 10:24 WIB Last Updated 2021-12-29T03:24:06Z

 

Saat ini kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sangatlah berpengaruh pada kehidupan sosial masyarakat terutama di Indonesia. Era globalisasi yang semakin menggila menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mutakhir. Teknologi yang tak dapat dipungkiri mengalami perkembangan yang sangat besar dengan didasari ilmu pengetahuan yang luas secara pasti memberi banyak dampak baik posif maupun negatif terhadap kehidupan sosial manusia masa kini.

Dengan adanya teknologi manusia dapat menjelajahi alam semesta ini. Tak hanya trnyang bumi dan isinya, kini manusia dengan teknologi tinggi dapat menjelajahi luar angkasa. Teknologi juga menciptakan media komunikasi sosial yang serba efektif serta efisien yang memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi. Walau di samping itu, manusia cenderung menjadi lebih egois dan individual. Adanya media masa ini tak sedikit membuat masyarakat untuk lebih memilih bertukar kabar dengan media masa daripada saling berkunjung.

Adanya kemajuan teknologi membuat media masa sebagai alat komunikasi yang sangat mudah diakses, sehingga kabar - kabar pun cepat sampai pada banyak orang. Hal ini juga tak sedikit menyebabkan tersebarnya banyak berita bohong pada masyarakat awam.

Selain itu juga teknologi dapat mempermudah manusia dalam belajar dan mencari pendidikan. Teknologi ini tentu membawa banyak bahan ajar yang mudah diakses , lebih luas dan spesifik dengan berbagai sumber di dalamnya. Hal ini tentu menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat apabila digunakan dengan bijaksana.

Akan tetapi dengan semakin majunya teknologi, terdapat banyak ancaman pada kehidupan para tenaga kerja yang perannya telah digantikan oleh mesin - mesin berteknologi tinggi. Apabila para pekerja benar - benar digantikan sepenuhnya oleh mesin - mesin, maka akan terjadi banyak kasus pengangguran. Kasus pengangguran ini pastinya akan berdampak pada kasus kemiskinan yang semakin tinggi. Dengan kasus kemiskinan yang tinggi maka akan terjadi ketimpangan sosial yang sangat terlihat.

Dampak lain adanya teknologi yang maju adalah kesehatan masyarakat yang menurun. Adanya mobil dan motor memberi polusi pada udara yang tidak baik bagi kesehatan manusia. Apalagi adanya aplikasi pesan-antar yang menjadi pilihan mudah bagi masyarakat . Hal ini tentu membuat manusia malas beraktivitas karena hampir semua pekerjaan yang mengharuskan untuk keluar rumah seperti berbelanja pakaian ,membeli kebutuhan makanan, bahkan memesan tiket pun bisa dilakukan di rumah. Kegiatan itu bisa dilakukan dengan handphone bukan? Nah, semakin banyak kegiatan yang dilakukan di depan layar handphone maka semakin lama pula kita mendapat pancaran radiasi dari handphone. Radiasi ini berdampak buruk pada kesehatan mata dan kulit wajah apabila tidak diberi pencegahan terlebih dahulu.

Masih dengan handphone, kita dapat mengakses banyak situs di internet. Tak sedikit didapati pelechan seksual yang terjadi dimasyarakat akibat dari menyalah gunakan handphone dalam kehidupana sehari-hari. Terlebih kasus ini bukan hanya terjadi di kalangan masyarakat awam saja, tapi juga terjadi  pada kalangan pejabat dan para intektual yang berada pada instasi-instasi pendidikan seperti sekolah-sekolah maupun perguruan tinggi.

Dengan adanya teknologi ini, sehingga mempermudah masyarakat untuk mengakses video-video yang berbau porno. Sehingga melahirkan kejehatan seksual yang sering kali terjadi ditengah kehidupan masyarakat kita.

Masih banyak dampak sosial lain yang di akibatkan oleh majunya teknologi saat ini. Tidak semua dampak teknologi itu buruk, semua tergantung pada kita yang menggunakannya. Maka dari itu, sudah seharusnya kita bijak dalam menggunakan teknologi yang ada. Apabila kita bijak dalam menggunakan teknologi , maka kita akan mendapat banyak manfaat darinya.

 

Farah Naila Zulfa (212180084) 1B PGSD

Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Iklan

×
Berita Terbaru Update