Notification

×

Iklan

Isu – Isu Pendidikan di Era Pandemi Covid-19

Thursday, 30 December 2021 | 21:02 WIB Last Updated 2021-12-30T14:02:26Z

 

Melihat kondisi pendidikan di Indonesia bahkan dunia saat ini sedang tidak baik-baik saja. Perubahan pendidikan saat ini di era pandemi Covid-19 sangatlah drastis. Kita dapat mengetahui dari diri kita sendiri bahkan melihat dari lingkungan sekitar tentang perubahan tersebut, yang menjadikan pembelajaran pada saat ini berbeda dengan pembelajaran-pembelajaran sebelumnya. Pendidikan saat ini lebih mengarah pada era modern dengan memanfaatkan program digital yang ada. Dalam pembelajaran anak-anak tidaklah bertatap muka seperti pada tahun 2015, mereka belajar dari rumah masing-masing bahkan dapat belajar di berbagai tempat yang menurut mereka nyaman.

 

Terdapat Undang-Undang yang telah ditetapkan dalam surat edaran Kemendikbud No 3 Tahun 2020, yang berisi Tentang pencegahan COVID-19 dalam satuan pendidikan, serta No 36962 / MPK / HK / 2020 Tentang pembelajaran secara berani dan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19).

 

Dapat kita lihat pada sisi lain pendidikan di Indonesia pada era Covid-19 ini sangatlah bertolak belaka dengan kondisi yang ada di Indonesia ini. Adanya pembelajaran online banyak yang merasa keberatan bahkan ketertinggalan dalam penerimaan materi pembelajaran seperti halnya sekolah yang jauh dari kelayakan, sekolah-sekolah terpencil, orang yang kurang mampu, desa yang terpencil bahkan belum mengenal tentang teknologi saat ini.

 

Dari berbagai masalah tersebut kita dapat mengetahui bahwa terdapat berbagai permasalahan terkait pendidikan saat ini. Pembelajaran online pada saat ini kuranglah efisien, walaupun bisa dibilang sangatlah canggih dan mudah bagi mereka yang bisa menggunakan. Bagi sekolah yang kurang memadahi mereka sangatlah keberatan dalam penerapan pembelajaran daring. Apalagi lokasi mereka yang susah sinyal, sehingga terdapat berbagai kendala. Maka dapat kita ketahui bahwa pembelajaran secara daring saat ini kurang maksimal serta kurang efisien.

 

Adanya pembelajaran via Daring ini tidaklah berefek pada siswa saja, namun orang tua juga harus ikut andil dalam pembelajaran tersebut bahkan bisa menghabiskan waktu orang tua yang seharusnya untuk bekerja namun harus mendampingi putra putrinya dalam kegiatan belajar Daring.Orang tua harusnlah pintar-pintar mebagi waktu mereka dengan baik.

 

Di era pandemi ini seperti diwajibkan semua punya Hp minimal untuk pembelajaran via Daring. Bagi orang tua yang belum memiliki Hp meraka harus tetap berusaha untuk mempunyainya guna agar anknya dapat mengikuti pembelajaran Online. Selain itu harus mempunyai kuota yang harus diisi setiap bulannya. Orang tua harus pintar pintar mengatur keuangannya.

 

Melihat kondisi tersebut pemerintah serta kemendikbud  menyadari bahwa tidaklah semua sekolah di Indonesia ini bisa melaksanakan sekolah via pembelajaran Online. Oleh karena itu setiap daerah memiliki pedoman dan prosedur masing-masing sesuai dengan kondisinya. Sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan banyak yang menyetujuinya.

 

Dari segi positif, di era pnademi Covoid-19 ini menjadikan siswa,guru, maupun orang umum dapat menggunakan teknologi moden dengan baik serta dapat terus mengikuti seiring berkembangnya zaman. Wawasanpun semakin luas dan tidak ada kata ketertinggalan informasi terkini.

Created by : Luthfiatun Nafi’ah

                    ( Mahasiswi UMPwr )

Iklan

×
Berita Terbaru Update