Notification

×

Iklan

Kurangnya Adaptasi Teknologi dalam Proses Pembelajaran di Masa Pandemi

Monday, 6 December 2021 | 07:02 WIB Last Updated 2021-12-06T00:02:54Z

 

Zahdinny Mucharina Fadhillah/Universitas Muhammadiyah Purworejo

Awal pandemi datang akhir tahun 2019, dan berkembang hingga sekarang pola kehidupan berubah secara drastis, hingga saat ini. Masa Pandemi memberikan dampak yang sangat besar terutama pada bidang teknologi,pendidikan Indonesia seakan lumpuh secara seketika. 

Pada masa pandemi sekarang ini pendidikan secara penuh harus menggunakan teknologi seperti zoom, google classroom, google meet, dll. Karena jika pendidikan dilakukan dengan bertatap muka dalam melaksanakan pembelajaran akan semakin berbahaya dan semakin banyak yang terkena virus tersebut. 

Teknologi memang mampu membantu secara penuh dalam bidang pendidikan, 

Namun teknologi tidak secara penuh dengan menggunakan teknologi yang canggih dapat menggantikan peran guru yang mengajarkan isi dari materi yang akan diajarkan. Sebab dengan adanya seorang guru tidak hanya belajar Edukasi namun juga sikap pada diri kita yang dikontrol, belajar bersikap baik sesama manusia, bersikap jujur,  membandingkan sikap baik dan buruk, dll. 

Masa pandemi kita belajar pentingnya teknologi, karena teknologi membantu mengatasi masalah pendidikan dimasa pandemi Covid-19. Terutama saat ini pembelajaran dilakukan PJJ. Namun PJJ belum secara efektif membantu dalam mengatasi masalah pembelajaran nada pandemi. Ksrena masih ada orang tua yg kurang paham dengan teknologi bahkan masih ada yang belum mempunyai hp untuk menunjang pembelajaran. 

Bahkan pemerintah sudah menciptakan teknologi yang menunjang dalam proses pendidikan dalam kondisi daring. 

Dengan teknologi pun membantu dalam menghadapi kehidupan milenial yang secara menyeluruh menggunakan teknologi tidak hanya di masa pandemi. 

Namun tidak semua masyarakat tahu dan paham akan adanya teknologi ini terutama dalam membantu dalam bidang pendidikan. Masih ada masyarakat dan siswa yang kurang paham dengan teknologi. 

Jika teknologi terutama dalam bidang pendidikan di perdalam maka semua kalangan masyarakat akan merasakan dampaknya yang positif.

Iklan

×
Berita Terbaru Update