Notification

×

Iklan

Pentingnya Metode Pembelajaran Dalam Pendidikan

Tuesday, 28 December 2021 | 07:09 WIB Last Updated 2021-12-28T00:09:48Z


 

Hasil belajar siswa merupakan salah satu tujuan dari proses pembelajaran di sekolah, untuk itu seorang guru harus mengetahui, mempelajari berbagai metode pengajaran dan menerapkannya saat mengajar. Untuk menghasilkan keberhasilan belajar siswa yang tinggi, guru perlu melatih dan mengajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran yang diperlukan dalam proses pembelajaran di kelas. Sepanjang sejarah pendidikan, metode ceramah merupakan salah satu metode pengajaran tradisional tertua yang digunakan dalam proses belajar mengajar dari tingkat paling dasar hingga perguruan tinggi, karena sifatnya yang sangat praktis dan efektif untuk model pengajaran dengan jumlah materi dan peserta didiknya yang banyak. Dapat dikatakan bahwa setiap orang yang pernah mengenyam pendidikan formal atau nonformal atau mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah atau sebaliknya pasti telah memahami dan merasakan metode pengajaran tersebut. Yang dimaksud dengan ceramah dalam metode pembelajaran di sini adalah penyampaian materi pelajaran secara langsung melalui penuturan lisan atau komunikasi verbal yang menggunakan bahasa dan disebut juga dengan pidato.

Metode ceramah ini untuk zaman sekarang seharusnya sudah jarang untuk digunakan mengingat perkembangan teknologi yang semakin canggih. Namun masih banyak guru-guru yang tetap menerapkan metode ini dengan alasan gagap teknologi ataupun guru yang hanya sekedar mengajar tanpa memikirkan paham atau tidaknya siswa serta malas untuk bertransisi dengan perubahan yang ada. Di samping  itu banyak sekali kekurangan mengajar dengan menggunakan metode  ceramah ini diantaranya 1. Minimnya kesempatan untuk berdiskusi memecahkan masalah dan  mengembangkan keberanian dalam mengemukakan pendapat. 2. Proses penyerapan pengetahuan kurang dikarenakan bertumpu pada satu arah. 3. Kurang memberi ruang bagi para siswa untuk mengembangkan kreativitas. 4. Guru yang kurang kreativitas akan mengakibatkan situasi kelas yang monoton. 5. Kurangnya kemampuan guru dalam berorasi yang baik akan membuat peserta  didik cepat bosan. 6. Sangat sulit mendeteksi sejauh mana tingkat pemahaman seluruh siswa. 7. Siswa mudah lupa atas apa yang sudah disampaikan.  8. Tidak merangsang siswa untuk membaca.

Meskipun metode ceramah mempunyai banyak kekurangan tetapi dalam pembelajaran metode ceramah ini salah satu hal yang penting. Solusi agar pembelajaran tidak tampak monoton maka guru perlu inovasi baru seperti metode ceramah interaktif yang melibatkan siswa untuk saling berdiskusi dan tanya jawab. Pada metode ini, guru berperan sebagai sumber informasi. Guru menyampaikan pelajaran dengan menjelaskannya di depan kelas. Pada beberapa penjelasan dijeda. Tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya kepada guru. Untuk membuat metode ini lebih menarik, guru juga memberikan beberapa humor agar siswa tidak bosan. Berikan juga beberapa pertanyaan yang memancing dan menarik untuk dijawab oleh siswa. Atau  juga dapat memberikan beberapa contoh masalah untuk dipecahkan. Sehingga metode ini lebih membuat siswa aktif dalam pembelajaran dan meningkatkan pemahaman siswa itu sendiri. Guru dapat pula  menambahkan media pembelajaran. Media pembelajaran memegang peranan penting dalam meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar khususnya di kelas rendah, karena siswa kelas rendah belum dapat berpikir abstrak, sehingga materi yang diajarkan guru perlu divisualisasikan dalam bentuk yang lebih nyata/konkret.

Dengan demikian, Peningkatan hasil belajar siswa dapat dicapai dengan menggunakan metode pengajaran yang baik, guru harus dapat merencanakan kegiatan pembelajaran yang baik dengan memilih metode pengajaran yang sesuai dengan materi yang akan diberikan kepada siswa. Ketika memilih metode, guru harus memeriksa kesesuaian perilaku yang diharapkan dengan tujuan metode pembelajaran. Metode yang digunakan sesuai dengan tujuan, jenis, fungsi, waktu dan tempat serta siswa dengan tingkat kematangan yang berbeda-beda dalam melaksanakan pembelajaran. Metode pengajaran yang tepat akan memudahkan siswa untuk menerima dan memahami materi pelajaran. Bahkan dengan metode yang tepat, kesulitan guru dalam menyampaikan materi dapat diminimalisir. Metode pengajaran yang efektif berkaitan dengan tingkat pemahaman guru terhadap perkembangan kondisi kelas siswa, sehingga guru diharapkan mampu mengembangkan kreativitasnya untuk menerapkan dan mengembangkan berbagai bentuk metode pengajaran guna meningkatkan daya pikir, daya analisis siswa. dan hasil belajar. Sehingga dalam pendidikan metode pembelajaran merupakan hal yang sangat penting.

 Penulis : Umi Wasilatur Rohmah/Mahasiswi UMP

Iklan

×
Berita Terbaru Update