Notification

×

Iklan

Peran Orang Tua Saat Pembelajaran Daring

Thursday, 30 December 2021 | 18:37 WIB Last Updated 2021-12-30T11:37:40Z

 

Perkembangan teknologi berlangsung sangat pesat, dan berpengaruh terhadap kehidupan sosial masyarakat. Dulu percakapan yang dilakukan secara langsung, sekarang dapat melalui handphone atau gawai. Ditambah dengan adanya pandemi yang mengharuskan proses belajar mengajar secara daring dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Pemanfaatan teknologi pendidikan menjadi faktor penting dalam menyelesaikan masalah pendidikan saat pandemi COVID-19. Teknologi pendidikan dapat memberikan kemudahan informasi serta penyampaian materi sehingga kegiatan pembelajaran yang dilakukan tidak menjadi kendala terkhusus pada saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Dengan ciri khas, antusias, dan perkembangan yang cepat saat ini serta berkaitan dengan generasi muda/millenial di saat pandemi COVID-19 mengakibatkan teknologi pendidikan merupakan solusi aktif yang tepat dan efisien yang dapat dimanfaatkan guna menunjang pembelajaran mandiri saat ini. Peran orang tua sangat penting dalam mengawasi anaknya saat menggunakan teknologi, agar tidak ada dampak negatif terkait penggunaan teknologi saat proses belajar mengajar daring. Orang tua juga diharapkan dapat berpartisipasi menjadi motivator bagi anak menggantikan peran guru di sekolah. Beberapa anak mungkin akan mengeluh dan merasa bosan dengan pembelajaran daring yang sering kali membuat mereka harus mengerjakan banyak tugas.

Pandemi Covid-19 menuntut peran orang tua untuk aktif secara maksimal dalam pembelajaran anak. Peran orang tua dalam membantu anak belajar dari rumah di antaranya memastikan anak belajar daring dengan aman. Beri semangat anak untuk belajar secara daring, dan aktif berhubungan dengan guru di sekolah. Kini teknologi berkembang cepat. Orang tua juga harus memperhatikan akses yang dilakukan anak terhadap internet. Karena tak bisa dipungkiri perkembangan teknologi saat ini selain berdampak positif juga negatif terhadap perkembangan anak. Dalam pembelajaran daring, anak cenderung mudah bosan dan kehilangan semangat belajar. Untuk itu, orang tua orang tua berusaha menciptakan suasana nyaman saat anak mengikuti belajar dari rumah. Berikan ruang kepada anak untuk dapat fokus seperti mematikan televisi atau lainnya.

Berikut peran orang tua yang sebaiknya dilakukan selama masa pandemi Covid-19 :

- Pertama mendampingi anak dalam mengerjakan tugas sekolah. Peran orang tua selama masa belajar dari rumah ini lebih pada membantu mengerjakan tugas yang diberikan guru di sekolah kepada siswa.

- Kedua melakukan kegiatan bersama selama di rumah. Momen ini memberikan kesempatan bagi orang tua dan anak untuk mempererat ikatan satu dengan lain. 

- Ketiga menciptakan lingkungan yang nyaman untuk anak. Membuat suasana belajar yang menyenangkan selama di rumah, menumbuhkan budi pekerti, dan prestasi. Penting dilakukan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak dan mempererat hubungan antara orang tua dan anak, serta memberikan dorongan agar anak percaya diri.

- Keempat menjalin komunikasi yang intens dengan anak. Komunikasi orang tua dan anak menjadi hal penting. Karena dengan begitu akan mempererat hubungan orang tua dan anak. Melalui komunikasi, orangtua akan dapat mengetahui keinginan anak serta orang tua dapat menyampaikan yang diinginkan atau harapan serta dukungan kepada anak.

 Penulis:

Angger Aulia Artha (PGSD 1B)

Universitas Muhammadiyah Purworejo

Iklan

×
Berita Terbaru Update