Notification

×

Iklan

Permasalahan Teknologi Dan Sosial Di Masyarakat

Wednesday, 29 December 2021 | 10:41 WIB Last Updated 2021-12-29T03:41:21Z


 

Masyarakat dan lingkungan sosial tidaklah bisa dipisahkan, sebagaimana kita ketahui bahwa manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu dan yang lainnya.

Contoh kecil saja bisa kita dapatkan misal di kantor, semuanya punya kesibukan diluar pekerjaan mereka, yakni sibuk untuk bermain ig  dan facebook-an. Di rumah semuanya sibuk facebook-an dan ig-an atau lebih keren twitter-an, di bus orang-orang sibuk, lagi-lagi Chat-an, facebook-an dan twitter-an. Manusia sekarang cenderung tidak peka lagi dengan keadaan di sekitarnya.

Berkomunikasi dan berinteraksi tanpa saling menatap atau bertemu memang sangat praktis dan efisien tapi perlu kita sadari bahwa manusia terlahir sebagai mahluk sosial yang harus berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang orang disekitarnya secara langsung untuk menciptakan kehidupan sosial yang sehat dan seimbang sehingga tidak terjadi suatu kehidupan sosial yang egois dan individualis.

Perubahan sosial positif seperti kemudahan memperoleh dan menyampaikan informasi, memperoleh keuntungan secara sosial dan ekonomi. Sedangkan perubahan sosial yang cenderung negatif seperti munculnya kelompok – kelompok sosial yang mengatasnamakan agama, suku dan pola perilaku tertentu yang terkadang menyimpang dari norma – norma yang ada.

Namun sayangnya, dampak positif teknologi informasi tidak selamanya terwujud. Ibarat jauh panggang dari api, dampak teknologi informasi malah menjadi benalu dalam kehidupan sehari hari. Terbukanya informasi tanpa batas dan tanpa adanya sensor yang ketat, menjadikan informasi bebas masuk kalangan manapun tanpa memandang batasan usia. Kondisi ini tentu merupakan suatu keprihatinan yang harus segera dicarikan solusinya.

Selain itu, perlu penyadaran bagi para pengguna medsos untuk menyebarluaskan informasi yang positif yang bermanfaat bagi kepentingan umum. Sebagai penyelenggara medsos, mereka memiliki tanggung jawab untuk memenuhi hak publik untuk mengetahui (people rights to know) dengan memberikan aneka ragam informasi yang mengedukasi, mencerahkan, memberdayakan, serta menumbuhkan cinta kepada Tanah Air.

Penulis :

Nama : Faizza Tanniya Bellen

NIM : 212180085

Kelas : PGSD 1B

Untuk itu kita perlu memilah memilih mana yang tepat dan mana yang tidak perlu kita gunakan dalam penggunaan tekhnologi sekarang ini. (Faizza)

Iklan

×
Berita Terbaru Update