Notification

×

Iklan


Pertama di Purworejo, "Pasar Ikan" Bumdes Pituruh Pasarkan Ikan Segar Berkualitas

Wednesday, 30 March 2022 | 10:27 WIB Last Updated 2022-03-30T04:02:50Z

PITURUH, (pituruhnews.com)  - Pertama di Kabupaten Purworejo, dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat, dengan didukung Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan Kabupaten Purworejo, Bumdes Desa Pituruh bersama Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN) "MINA TIRTA" Pituruh mendirikan Pasar Ikan Pituruh.


Peresmian Unit Usaha Perikanan "Pasar Ikan" Bumdes Pituruh dilaksanakan pada Selasa (29/03) beralamatkan di Dukuh Wetan, 01/03 Desa Pituruh, Kabupaten Purworejo. Peresmian Pasar Ikan Pituruh mengusung tema yaitu ''Langkah Bersama Menuju Ekonomi Bangkit, Petani Ikan Kuat dan Masyarakat Sehat". Peresmian Pasar Ikan ini ini diawali pemotongan tumpeng, serta penanda tanganan kerjasama Bumdes Desa Pituruh dengan pokdakan Mina Tirta sebagai pengelola unit usaha Pasar Ikan Pituruh.
Acara peresmian ini dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan Al Bambang Setyawan S.Sos, M.Si, beserta staf bidang perikanan, Camat Pituruh diwakili oleh Kasi Pemberdayaan Masyarakat Teguh Triyasmanto, Danramil/09 Pituruh Kapten Inf. Muktavin Soleh, S. Pd. I, Kepala Desa Pituruh Akhmad Anwar, Ketua Polosoro Kecamatan Pituruh Suhariyono, Ketua PPDI Kecamatan Pituruh Misranto, Direktur Bumdes Pituruh Wahyu Wardono,S,S, Penyuluh Perikanan Kecamatan Pituruh Sigit Purwito, S.Pi, Pelaku Pembudidaya Ikan di Desa Pituruh dan juga Anggota Polsek Pituruh.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan Al Bambang Setyawan dalam sambutannya mengatakan bahwa pasar ikan yang ada di desa Pituruh ini merupakan salah satu inovasi yang sangat baik. "Kami dari Dinas Lingkungan dan Perikanan Kabupaten Purworejo untuk fasilitasi yang sesuai dengan program yang ada. Dengan adanya pasar tersebut kita tidak bingung lagi dalam memasarkannya, dengan cara memviralkan melalui media sosial seperti facebook, instagram utamanya membuat pamflate, serta tujuan utamanya bahwa informasi adanya pasar ikan ini sampai ke telinga masyarakat." ucapnya.


"Dengan adanya pasar ini diharapkan bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitar diwilayaah kabupaten pada umumnya. Saya patut apresiasi pasar ikan ini karena di Purworejo kali pertama ada pasar ikan yang menjual ikanya dalam kondisi hidup, dijamin higienis dan segar. " imbuhnya.
Ia menambahkan bahwa menjelang ramadhan diharapkan pasarnya semakin luas dan bisa membantu menopang perekonomian khususnya di Desa Pituruh. "Saya ucapkan selamat kepada pengelola dan juga perintis pasar Ikan Pituruh. Ini merupakan salah satu tujuan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan melalui program gemar makan ini ini sangat membantu mengatasi stunting terhadap anak. Melalui ini bisa menyambung silahturahmi antar pembudidaya guna menembus pasar lebih luas. '' tambahnya.

"Pasar ikan ini cukup unik, kenapa? Karena ikan yang dijual ini langsung diambil dari kolam penampungan sehingga ikan yang dijual dijamin kesegarannya serta ikan yang dijual tentunya berkualitas dan higienis. Untuk harganya cukup terjangkau bagi masyarakat sehingga dapat membantu program pemerintah untuk mengatasi stunting karena adanya ketersediaan ikan segar.  Dengan slogan Langkah Bersama Menuju Ekonomi Bangkit, Petani Ikan Kuat dan Masyarakat Sehat ini diharapkan apa yang dijual di pasar ini bisa diterima dimasyarakat baik jual beli bibit, ikan konsumsi serta produk olahanya." ucap Bambang.

Ditambahkan, Direktur Bumdes Pituruh Wahyu Wardono usai dilantik menjadi direktur bumdes sesuai yang diamanahkan kepadanya, ia bisa menjalan program bumdes dalam membantu meningkatkan ketahanan pangan dan menopang perekonomian dengan mencari unit usaha yang mana bisa menunjang program bumdes.

"Untuk tujuan selanjutnya guna pemenuhan gizi masyarakat, yang mana kebutuhan masyarakat akan gizi. Dalam mengkonsumsi ikan harapannya bisa membantu mempromosikan salah satu uni usaha pasar ikan yang ada di Pituruh ini.''ucapnya.

"Ide tercetus saat berdialog dengan kelompok pembudidaya ikan, mereka kesulitan bagaimana caranya untuk memasarkan hasil budidaya ikan yang dimiliknya. Dari ide tersebut adanya pasar ikan ini bisa memfasilitasi pemasaran hasil budidayanya kemasyarakat pada umumnya. " katanya.
Sementara itu, kegiatan ini juga mendapatkan apresiasi dari pemerintah kecamatan Pituruh yang diwakili oleh Kasi Pemberdayaan Masyarakat Teguh Triyasmanto, karena camat Pituruh berhalangan hadir, ia mengatakan melalui kegiatan ini besar harapan ke depan pasar ikan ini kan semakin maju dan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, baik mentah maupun olahan.


"Melalui peresmian ini salah satunya tetap menjalin komunikasi yang baik terharap antar anggota baik dari keterbukaan, Konsultasi dan koordinasi agar kita semua bisa mempromosikan supaya dikenal masyarakat luas, pengelola pasar ini siap memasarkan melalui media sosial dan penjualan online. Pengelola harus siap menjaga ketersediaan stok barang menjelang bulan suci ramadhan, karena momen ini sangat bagus." kata Teguh.
Ketua Kelompok Pembudidaya Ikan "MINA TIRTA", Ponijo mengatakan bahwa dengan adanya pasar ikan ini cukup bersyukur, karena selaku pembudidaya ikan, baik itu bibit maupun konsumsi karena sangat terbantu dalam pemasarannya ke warga masyarakat. Adanya pasar ikan ini otomatis pemasaran jelas, harga jelas, dengan besar harap selalu menjaga kualitas ikan supaya tetap segar dan higienis. Dengan mendukung dan membantu stok, serta mensukseskan program dari pasar ikan Pituruh ini.


"Adanya pasar ikan ini bisa memberdayakan potensi-potensi warga yang ada, dengan terlibat dalam budidaya ikan yang ada di pasar ikan ini. Saya berharap ini akan menumbuhkan iklim perekonomian di wilayah Kecamatan Pituruh khusunya desa Pituruh. Adanya pasar ini berasal dari ide pokdakan yang diakomodir serta difasilitasi bumdes, pemerintah desa dan dibimbing oleh penyuluh perikanan, semoga bisa membantu memasarkan hasil budidaya ikan ke masyarakat luas." imbuh Ketua Pokdakan Mina Tirta Ponijo.


"Besar harapan bisa bekerjama dengan pokdakan yang lainnya, baik pembudidaya di desa Pituruh maupun luar kecamatan Pituruh, saya juga berharap ini bisa selalu didukung semua pihak, disupport dan siap membantu memasarkan hasil budidaya ikannya. "pungkas Ponijo.

Kontributor : Tim Pituruh News

Iklan

×
Berita Terbaru Update