Notification

×

Iklan


Pesantren Ramadhan SMP Negeri 40 Purworejo : Hijrah Untuk Membentuk Generasi Muda Beradab, Berkualitas dan Berakhalkul Karimah

Friday, 29 April 2022 | 13:00 WIB Last Updated 2022-04-29T06:00:14Z
KALIKOTES, (pituruhnews.com) - Dalam rangka mengisi dan menyemarakkan kegiatan bulan Ramadhan 1443H bagi siswa-siswa beragama Islam di SMP Negeri 40 Purworejo, maka dilaksanakan kegiatan Pesantren Ramadhan. Kegiatan ini selama 3 hari mulai tanggal 26 sd 28 April 2022 dengan tema “Hijrah Untuk Membentuk Generasi Muda Beradab, Berkualitas dan Berakhalkul Karimah”. Kegiatan dilaksanakan di lingkungan sekolah dan sekitar sekolah.

Materi kegiatan pesantren ramdhan, meliputi, Fiqih, Sejarah Islam, Tauhid, Aqidah, Ahlaq dan  Hadist. “Kegiatan Pesantren Ramdhan 1443 H ini  bertujuan untuk memupuk rohani peserta didik khususnya peserta didik yang beragama Islam kelas 8, kelas 7 dan guru serta tenaga kependidikan” kata Himawan Susrijadi, S.Pd, M.Pd selaku Kepala Sekolah. 

Dalam sambutan dan sekaligus membuka kegiatan Pesantren Ramadhan 1443H ini, Kepala SMP Negeri 40 Purworejo menyampaikan agar setiap peserta didik dapat mensyukuri segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT, tak lupa beliau mengingatkan agar selalu belajar, beribadah, dan lebih mendekatkan peserta didik dengan keluarganya dan menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya.

“Kegiatan pesantren ramadhan yang ditutup dengan pengajian ini sangat baik untuk membentuk karakter siswa” Ujarnya saat ditemui usai acara.
Selain kegiatan pesantren ramadhan, dari unit kesiswaan juga membuat program kegiatan amaliah selama Ramadhan. Kegiatan amaliyah tersebut berupa tadarus sebelum pembelajaran dimulai,  sholat Dhuha dan Zakat Fitrah. Untuk semakin mendekatkan diri pada masyarakat sekitar, diadakan kegiatan Bakti Masyarakat. Bakti masyarakat dilaksanakan dibeberapa masjid dan mushola sekitar lokasi sekolah, dengan cara memberikan bingkisan dan kerja bakti membersihkan masjid dan mushola. Selain itu sekolah mengumpulkan zakat fitrah yang kemudian disalurkan kepada yang berhak untuk mendapatkan

“Kegiatan pesantren ramadhan dan pengajian seperti ini, rutin dilaksanakan setiap tahun. Harapannya kegiatan seperti ini dapat meningkatkan iman dan takwa peserta didik, sehingga membentuk pribadi yang Berkualitas dan Berakhalkul Karimah” demikian disampaikan oleh Painah, S.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan.

Kegiatan pesantren ramadhan ditutup dengan pengajian dengan pembicara Ustadz H. Nasrudin S.Pd. Beliau menekankan bahwa selama bulan Ramadhan banyak sekali amalan yang dapat dilakukan, antara lain, tadarus, infaq dan lainnya. Amalan-amalan kebaikan selama bulan ramadhan harus kita lakukan pula pada hari-hari dan bulan-bulan sesudah ramadhan.

 Kontributor : Drs.Moh. Maksum.M.M.Pd. WaKa Humas SMPN40Purworejo

Iklan

×
Berita Terbaru Update