Notification

×

Iklan


Hujan Deras dengan Intensitas Tinggi, Sejumlah Desa di Purworejo Tergenang Banjir dan Longsor

Rabu, 01 Juni 2022 | 16:24 WIB Last Updated 2022-06-02T09:26:02Z

PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Hujan deras disertai petir yang terjadi diwilayah Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, pada Selasa tanggal 31 Mei 2022 siang hingga malam hari bahkan pagi, telah menyebabkan bencana banjir dan tanah longsor di sejumlah lokasi diwilayah Kabupaten Purworejo.


Sejumlah warga terdampak banjir telah diungsikan, droping logistik dan evakuasi juga telah dilakukan oleh Tim BPBD Kabupaten Purworejo, bersama petugas dari Kodim 0708 Purworejo, Polres dan relawan. 


Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Purworejo, Budi Wibowo, saat dikonfirmasi pada Rabu pagi, mengatakan, situasi banjir pada pada Rabu tanggal 1 Juni 2022 pagi, dinyatakan, sejumlah wilayah di Kabupaten Purworejo mulai teegenang banjir akibat luapan sungai. Warga teedampak sebagian telah diungsikan ketempat yang lebih aman. 


"Tadi malam telah dilakukan evakuasi masyarakat perumahan Palapan Desa Seren Kecamatan Gebang, ada sekitar 300an jiwa dari 80an KK yang kita ungsikan ke tempat yang lebih aman," ungkqpnya.


Untuk droping makanan lanjutnya, pagi ini bekerjasama dengan Dinas Sosial untuk menyiapkan sarapan pagi juga telah dilakukan oleh BPBD di desa terdampak banjir.


"Pagi ini kita juga sedang mengevakuasi masyarakat Dusun Bojong Desa Bapangsari Kecamatan Bagelen. Logistik juga sudah kita distribusikan, juga droping logistik ke Desa Krandegan yang air mulai masuk di rumah- rumah warga dan selanjutnya ada pohon roboh di Desa  Triwarno dan beberapa longsor di Kecamatan Kaligesing meliputi desa Kaligono ke arah Donorejo dan Desa Kaligono arah Ngaran, ada desa Hulosobo, Kedunggubah, dan desa - desa terdekat," jelasnya.


Disampaikan, sebelumnya, pada Selasa malam, banjir juga menggenangi kawasan alun- alun kota Purworejo, sejumlah kendaraan yang nekat melewati lokasi itu sempat mati mesin akibat tingginya genangan air di lokasi itu.(WID)

Iklan

×
Berita Terbaru Update