Notification

×

Iklan


Pemdes Kaliurip Gelar Pelatihan Berbasis Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Untuk Kader PKK dan Warga

Kamis, 09 Juni 2022 | 19:12 WIB Last Updated 2022-06-09T16:14:00Z

KEMIRI, (pituruhnews,com) - Dalam meningkatkan kapasitas di bidang perekonomian, Pemerintah Desa Kaliurip, Kecamatan Kemiri menggelar pelatihan berbasis pemberdayaan ekonomi kreatif untuk warga masyarakat desa Kaliurip dengan tahun anggaran 2022, pada Kamis siang, 09/06/2022 bertempat di Aula Desa Kaliurip.

Dalam pelatihan ini terdapat dua jenis pelatihan, yaitu Pelatihan Peningkatan Kualitas Manajemen UKMKM dan Pelatihan Budidaya Benih Anggur. Pelatihan ini diikuti oleh 40 peserta yang terbagi dari pelaku UMKM Desa Kaliurip sekaligus Kader PKK dan Perangkat Desa Kaliurip.


Pelatihan ini juga dihadiri oleh Tim Fasilitasi Kecamatan Kemiri Wara Tjandraningsih, S,Sos, M.AP, Pendamping Lokal Desa Kecamatan Kemiri Mujib Riyanto, S.Pd, Kepala Desa Kaliurip Tri Yanto,  Narasumber Pelatihan Peningkatan Kualitas Manajemen UKMKM Heri Aktifudin (Aheng), dan Fajar Arwani Pembudidaya Benih Anggur.

Kepala Desa Kaliurip Tri Yanto dalam sambutannya mengatakan selamat datang tim kecamatan dan peserta pelatihan, Alhamdulillah pemerintah desa Kaliurip pada kesempat kali ini bisa menggelar pelatihan berbasis ekonomi kreatif untuk kader pkk dan pelaku umkm yang ada di desa Kaliurip.

"Dengan adanya kegiatan pelatihan ini peserta khususnya kader PKK bisa menambah wawasan ilmu di masing-masing pelatihan yang digelar oleh pemerintah desa dan juga bisa memanfaatkan lahan kosong di sekitas rumah, guna mempraktekkan membudidaya pohon anggur yang nantinya bisa menambah perekonomian keluarga. " ucapnya.


"Jika nantinya bisa berhasil, kedepan para pelaku ini bisa memasarkan produknya melalui media sosial online maupun offline. " imbuhnya.

Sugeng Riyadi peserta pelatihan mengatakan dengan adanya pelatihan ini setelah selasai nantinya bisa membudidaya buah anggur secara mandiri dan menghasilkan buah yang berkualitas. "Dengan adanya ilmu dari narasumber ini yang biasanya menanam buah anggur tidak berbuah, berharap dengan adanya pelatihan ini peserta yang ikut termasuk saya bisa mengetahui cara membudidaya buah anggur secara benar." ucapnya.


"Tidak hanya itu, untuk pelatihan UMKM kita juga diajarkan dengan bagaimana cara mempasarkan hasil produk yang kita miliknya. Dari hasil pelatihan ini kita juga mengetahui cara meningkatkan produk UMKM, mengurus legalitas produknya seperti NIB PIRT, sertifikat halal dan diajarkan cara penjualan secara online." imbuhnya.

Sementara itu, Fajar Arwani narasumber Pelatihan Budidaya Anggur menambahkan pelatihan seperti ini sangat efektif dalam peningkatan ekonomi kreatif di tingkat desa, yang mana bisa  menfaatkan lahan kosong yang berada dilingkungan sekitar juga mempunyai hasil kebun sendiri.


"Saya berharap dengan adanya ini peserta bisa menyerap apa yang disampaikan oleh narasumber baik cara pembudidaya anggur dari pembuatan bibit, penanama, perawatan dan juga cara membuahkan anggur berkualitas bagus, sehingga kedepannya bisa meningkatakn perekonomian masyarakat khususnya di Desa Kaliurip Kemiri. Saya juga mengapresiasi untuk pemerintah desa, yang mana peserta ini diutamakan dengan sasaran kader PKK, karena ibu-ibu ini lebih telaten dalam merawatnya." ucapnya.


"Untuk Pelatihan Peningkatan Kualitas Manajemen UKMKM supaya pelaku UMKM mampu menggali potensi dan kemampuan mereka sehingga dapat independen dalam mengatasi masalah-masalah yang dihadapi, Hal utama pelaku UMKM Harus memiliki perencanaan usaha agar sejak awal merintis sudah bisa memprediksi apa yang harus dilakukan dan apa yang mungkin akan terjadi dalam melakukan usahanya, dengan harapan bisnisnya akan bertumbuh seiring dengan betumbuhnya kapasitas pemiliknya. " tutup Heri Aktifudin (Aheng).

.

Iklan

×
Berita Terbaru Update