Notification

×

Iklan


Tanamkan Cinta Al-Quran, Ranting GP Ansor Desa Prapagkidul Menggelar Lomba Tahfidz Quran

Minggu, 31 Juli 2022 | 19:33 WIB Last Updated 2022-07-31T12:33:48Z
PRAPAGKIDUL, (pituruhnews.com) - Upaya mencetak generasi cinta Al-Quran, Ranting Gerakan Pemuda Ansor Desa Prapagkidul, Kecamatan Pituruh dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muhharam 1444 H, menggelar lomba tahfidz Al-Quran Juz 1-3 dan Juz Amma di Aula Balai Desa Prapagkidul, Sabtu, 30/07/2022 siang.


Lomba Tahfidz Al-Quran ini diikuti oleh 52 peserta yang terdiri dari Kategori Juz 1-3 diikuti 7 peserta, untuk kategori Juz Amma 45 peserta. Acara ini dihadiri oleh Kepala Desa Prapagkidul Kasiyem, Ketua GP Ansor Pituruh Malik Khairul Anam.
Fathan Anis salah satu panitia penyelenggarakan mengatakan, bahwa kegiatan lomba ini merupakan salah satu program dari Ranting Ansor Desa Prapagkidul sekaligus memperingati tahun baru islam 1444 H.


"Adanya kegiatan ini bertujuan  untuk bisa memotivasi para generasi muda sejak dini untuk sadar membaca dan menghafal Al-Quran, memotivasi institusi penyelenggara pendidikan dan para orang tua untuk mengarahkan anak-anak lebih mencintai Al-Quran dan mengisi kegiatan anak didik kita dengan kegiatan bermanfaat." ucapnya.


"Untuk Kriteria yang diambil dari penilaian lomba tahfidz ini yaitu tajwid, kelancaran lagu dengan dinilai kelancaran tahfidz-nya. Lomba ini selain memperingati tahun baru islam 1444 H, juga berharap anak-anak yang mengikuti lomba ini bisa memaknai tahun baru islam dengan kegiatan positif, serta menumbuhkan rasa cinta kepada al-quran sejak dini." imbuhnya.


"Selain itu mendidik potensi calon hafidz dan hafidzah sejak dini. Ppeserta yang mengikuti lomba tahfidz al-quran ini tidak hanya dari wilayah kecamatan Pituruh saja, namun ada yang dari kecamatan lain yang ikut dalam lomba ini. " tambah Fathan.


Dari informasi yang diperoleh tim Pituruh News, Pemenang lomba untuk kategori juz 1-3 yaitu Juara I Siti Ngainul Rohmah dari Girigondo, Juara II Ghina Fara H dari Baledono dan untuk Zuhrotul Alya Qotrunnada dari Prapagkidul. Sedangkan untuk kategori Juz Amma Anisa Fatimatu Zahra dari Brengkol, Iinsirah Taufiiqah dari Balingasal Padureso, Aisyah Ainul Yaqin dari Pesuningan

Sementara itu, Kepala Desa Prapagkidul Kasiyem sangat mengapresiasi atas terselenggara lomba tahfidz quran yang dilaksanakan oleh Ranting GP Ansor Desa Prapagkidul ini. Ini merupakan salah satu motor penggerakan dibidang keagamaan yang patut didukung dan gelar setiap tahunnya karena ini salah satu mencetak generasi bangsa untuk cinta kepada al-quran.


"Saya mewakili dari unsur pemerintah desa Prapagkidul berharap tidak hanya kali ini saja perlombaannya, dengan diawali tahun ini kedepan bisa berkelanjutan menggelar kegiatan semacam ini ditahun berikutnya dengan lebih semarak dan meriah dalam menyambut tahun baru islam.'' ucapnya.


"Sangat mengapresiasi atas diadakannya perlombaan tahfidz alquran ini, nilai plus terhadap panitia penyelenggara. Karena anak yang sudah menghafal alquran ini termotivasi untuk belajar lebih giat lagi dalam penghafalan al-quran dengan harapan menjadi anak yang sholeh dan sholeha." tutupnya.

Kontributor : Tomi/Al Z

Iklan

×
Berita Terbaru Update