Notification

×

Iklan


Sempat Terhenti Pandemi Covid-19, Majlis Ta'lim Miftahul Huda Kalikotes Kembali Gelar Santunan Anak Yatim di Tahun Baru Islam 1444 H

Minggu, 31 Juli 2022 | 19:50 WIB Last Updated 2022-07-31T13:48:35Z

KALIKOTES, (pituruhnews.com) - Dalam rangka menyambut Tahun Islam, 1 Muharram 1444 H. Majlis Ta'lim Miftahul Huda menyelenggarakan pengajian  dan santunan anak yatim yang ke 26. Tradisi santunan di majelis ini sudah rutin dilakukan sejak tahun 1996. 


Kyai Mutohar Hasan pengasuh majlis Ta'lim menjelaskan santunan anak yatim tersebut merupakan agenda rutin yang digelar setahun sekali dalam rangka menyambut tahun baru hijriyah. Agenda yang sudah berjalan rutin puluhan tahun tersebut juga melibatkan banyak pihak, untuk tahun ini juga ditambah dengan hadirnya Jama'ah Gada 313 Dewa Watucongol, Magelang


"Kita juga menggandeng pemerintah sebagai wujud pengejawantahan bersatunya ulama dan udara (pemimpin) dalam kegiatan sosial," kata kyai Mutohar usai kegiatan pada Minggu 31 Juli 2022. 

Dalam kegiatan ini sebanyak 32 anak yatim piatu diberikan santunan. Bahkan anak-anak yatim piatu tidak hanya dari desa Kalikotes saja namun dari desa-desa yang lain di Kecamatan Pituruh. 


"Bahakan saat pandemi pun tetap kita laksanakan, karena dalam pandemi anak-anak kita ini lebih membutuhkan bantuan kita semua," katanya. 

Dalam acara santunan ini hadir Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Purworejo Luhur Tri Endro Sadewo, SP.MAP, Camat Pituruh Ickbal Nugroho, S.STP.,M.IP, Kepala Desa Kalikotes Sabar dan sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat serta ratusan masyarakat sekitar. Tidak hanya pemberian santunan, kegiatan ini juga diisi Pengajian umum dengan penceramah Kyai Habib Soleh. S.Pd


Pihaknya menyebut, dana yang digunakan adalah dana dari masyarakat termasuk  dari perantau yang berada di sejumlah kota besar antara lain Jakarta, Kalimantan, Sumatera, Papua serta kota-kota besar di Indonesia bahkan sampai luar negeri. 


"Dengan adanya santunan anak yatim tersebut, diharapkan dapat memberikan kebahagiaan kepada anak-anak yatim penerima santunan di Bulan Muharam yang merupakan hari lebarannya anak-anak yatim" Katanya.

Sementara itu, panitia kegiatan Djarun mengatakan, dana santunan yang berhasil dihimpun mencapai Rp 27.542.000 dan semua dibagikan habis kepada anak yatim piatu yang diundang dalam kegiatan tersebut. 


"Di Tasharufkan ke 32 anak-anak yang ada di wilayah kecamatan Pituruh, bahkan sampai luar kecamatan sampai ke Kecamatan Kemiri," kata Djarun saat memberikan laporan hasil santunan. (PN/Lut/Bay/Vano)

Iklan

×
Berita Terbaru Update