Notification

×

Iklan

Ratusan Kepala Sekolah Dikukuhkan

Sabtu, 06 Agustus 2022 | 06:48 WIB Last Updated 2022-08-05T23:48:29Z
PURWOREJO, (pituruhnewsmcom) - Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM melaksanakan Pengukuhan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Kepala Sekolah SMP, SD, dan TK Pembina di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo di Pendopo Agung Purworejo, Jumat (5/08/2022). Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH, Sekda Kabupaten Purworejo Drs Said Romadhon, para Asisten Sekda, Kadindikbud Wasit Diono SSos, Kepala BPKSDM Fitri Edhie Nugroho SE MM, Inspektur Kabupaten Purworejo R. Achmad Kurniawan Kadir, dan unsur terkait lainnya. 
Dalam sambutannya Bupati mengucapkan selamat kepada guru yang telah dikukuhkan sebagai kepala sekolah SMP, SD dan TK. “Pendidikan merupakan investasi jangka panjang dalam mewujudkan SDM yang berkualitas, sehingga pembangunan bidang pendidikan harus terlaksana dengan baik sesuai dengan visi pembangunan Kabupaten Purworejo yaitu Purworejo Berdaya Saing Tahun 2025,” tandasnya. 

Bupati menjelaskan, sesuai Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknonlogi Nomor 40 Tahun 2021 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah, kepala sekolah sepenuhnya melaksanakan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan. “Kepala sekolah merupakan top leader di sekolah sehingga kebijakan-kebijakan yang diambil akan berpengaruh kepada maju mundurnya sekolah yang dipimpin. Oleh karena itu, kepala sekolah hendaknya memiliki pemahaman dan pengetahuan yang cukup luas tentang penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di sekolah, mampu mengelola manajemen sekolah serta mau menerima masukan dan saran demi kemajuan sekolah yang dipimpinnya, ” imbuhnya.
Bupati berharap kepala sekolah memiliki integritas leadership, tidak melakukan pungutan untuk layanan apapun, mulai dari mutasi, rotasi, promosi serta administrasi lainnya. "Budayakan untuk menjunjung tinggi Clear And Clean Government dan memotivasi untuk lebih meningkatkan kinerja memimpin serta mengelola sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, " pesannya. 

Sementara Wasit Diono menjelaskan, Pengukuhan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Kepala Sekolah SMP, SD, dan TK Pembina ini bertujuan untuk penataan kembali kepala sekolah yang sebelumnya telah purna tugas ataupun meninggal dunia. "Peserta keseluruhan berjumlah 203 orang, terdiri dari kepala SMP 24 orang, SD 177 orang dan TK Pembina 2 orang. Diharapkan para kepala sekolah dapat memaksimalkan pelayanan pendidikan lebih baik dan kualitas pendidikan lebih maju, " katanya. (prokopim)

Iklan

×
Berita Terbaru Update