Notification

×

Iklan


Hujan Tidak Berhenti Satu Malam, Beberapa Wilayah Kabupaten Purworejo Alami Bencana Alam

Sabtu, 08 Oktober 2022 | 11:24 WIB Last Updated 2022-10-08T05:14:58Z
PURWOREJO, (pituruhnews.com) -Sejumlah desa diwilayah Kecamatan Kemiri, Pituruh dan Bruno Kabupaten Purworejo Jawa Tengah dilanda longsor. Dibeberapa desa tersebut memaksa warganya yang terdampak harus mengungsi ke tempat yang lebih aman. 

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Purworejo Budi Wibowo mengatakan, longsor dibeberapa desa tersebut cukup parah. Bahkan beberapa rumah warga tertimpa material longsoran sehingga warganya harus mengungsi. 
Sejumlah desa yang terkena bencana longsor tersebut antara lain Desa Gunungteges dan Desa Purbayan di Kecamatan Kemiri, Desa Kaliglagah, Desa Kaligintung, Desa Sawangan di Kecamatan Pituruh dan Desa Pakisarum di Kecamatan Bruno. 

"Tanah longsor di Desa Purbayan Kecamatan Kemiri menimpa 1 rumah Nimin (35), (satu keluarga) mengungsi di tempat yang aman dan terdapat 1 sepeda motor tertimpa longsor belum ditemukan," kata budi pada Jumat (7/10/2022). 

Budi juga menambahkan kejadian bencana longsor yang melanda beberapa desa tersebut disebabkan hujan deras disertai angin kencang di Wilayah Kabupaten Purworejo. Selain longsor, pohon tumbang pun juga banyak yang menimpa rumah-rumah warga. 

"Pohon Albasia juga tumbang menimpa rumah warga di Desa Purbayan Kecamatan Kemiri," kata dia. 

Budi menyebut tanah longsor di Desa Kaliglagah Kecamatan Pituruh menutup akses jalan Kaliglagah-Wonosido. Akibat banyaknya material jalan tersebut lumpuh total. 

"Membutuhkan bantuan alat berat dan tidak bisa dilalui kendaraan roda 2 maupun roda 4." katanya. 
Terpisah, Kapolsek Pituruh Saptohadi menambahkan kondisi pada Minggu, 07/10/2022 bahwa di desa Pamriyan telah tercana retakan tanah ada 6 titik longsor,

Untuk titik pertama kerusakan rumah a.n bapak suyatno rt 005/rw 002. rusak parah tidak aman/layak untuk ditempati lagi, jalan poros ambles dan rusak sangat parah di rt 005 rw 002, ketiga sisi jembatan ambrol menyebabkan separuh jalan longsor di rt 002 rw 005, jalan kabupaten di rt 001 rw 001 ables sepanjang 20 meter, separuh jalan rabat di rt 001 rw 001 longsor sepanjang 10 meter. 

"Dan untuk kerusakan major ada di 6 titik, dan sementara masih ada beberapa kerusakan minor di beberapa titik lainnya. Kerusakan satunrumah milik warga rusak total, dua kandang kambing rusak total. " kata Kapolsek.
"Untuk kebutuhan utama yang dibutuhkan warga pemulihan jaringan listrik, karena sejak padamnya tadi malam ada 1 togor tiang listrik roboh dan 1 togor tertimpa robohan pohon." imbuhnya. 

"Terkonfirmasi juga ada tanggul kali yang jebol di Desa Pekacangan yang mengakibatkan palawija petani semangka gagal panen." tambah Kapolsek Sapto.

Sementara itu Camat Pituruh Ickbal Nugroho, membenarkan kejadian tersebut. Meski banyak terjadi bencana longsor dibeberapa titik, sampai berita ini diturunkan belum ada laporan korban jiwa. 

"Tidak ada korban jiwa," katanya singkat.

Iklan

×
Berita Terbaru Update