Notification

×

Iklan


PGRI Kabupaten Purworejo Menggelar Aksi Donor Darah Spesial HUT PGRI ke-77 dan HGN

Minggu, 13 November 2022 | 23:00 WIB Last Updated 2022-11-13T23:31:21Z

PITURUH, (pituruhnews.com) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Purworejo, menggelar aksi donor darah h menyambut Hari Guru Nasional dan HUT Ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) yang diadakan di aula PGRI Kabupaten Purworejo pada Sabtu 12 November 2022.


Ketua PGRI Kabupaten Purworejo, Ketua PGRI Kabupaten Purworejo Irianto Gunawan, S.Pd melalui Drs. H. Tafsir Marsudi Utomo, MM, menjelaskan kegiatan baksos donor darah yang dilaksanakan merupakan wujud kepedulian dan partisipasi sosial dari PGRI sebagai organisasi profesi guru.


Menurut dia, guru sebagai insan yang mencerdaskan kehidupan bangsa yang tergabung dalam organisasi profesi PGRI, turut terpanggil dalam menyelesaikan masalah sosial, sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat terutama untuk kebutuhan darah.


"Kegiatan ini diikuti oleh setiap perwakilan Pengurus Cabang masing-masing kecamatan setidaknya ada minimal 5 orang jadi total dalam donor darah kali ini minimal peserta yang ada sampai 80 bahkan bias lebih karena beberapa kecamatan mengirimkan lebih atau dari instansi lain" ujarnya.


Diakuinya, tema peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-77 ‘Guru Bangkit Pulihkan Pendidikan Indonesia Kuat Indonesia Maju’, sedangkan untuk tema Hari Guru Nasional (HGN) dengan Tema ‘Serentak Berinovasi Wujudkan Merdeka Belajar’, diharapkan semangat patriotisme seorang guru harus tetap membara ditengah pasca Pandemi Covid-19 sehingga dapat pulih lebih cepat melalui pendidikan untuk menuju Indonesia Kuat dan Indonesia Maju.


Proses donor darah mengikuti standarisasi dari PMI, seluruh calon pendonor harus melalui serangkaian pemeriksaan kesehatan oleh dokter terlebih dahulu sebelum mendonorkan darahnya. Tentu ini untuk menghindari resiko-resiko yang tidak diinginkan dan agar darah yang diperoleh dapat digunakan dengan maksimal.


Pengurus Cabang PGRI Kecamatan Pituruh mewakilkan lima anggotanya untuk donor darah yang diadakan PGRI Kabupaten Purworejo. Edi marjudi selaku salah satu perwakilan dari anggota PGRI Kecamatan Pituruh memaparkan “Aksi donor darah ini merupakan wujud kepedulian kita terhadap kemanusiaan, terutama sebagai anggota gerakan pramuka tentu menjadi kewajiban kita untuk memberikan sesuatu pada kemanusiaan, ini adalah tugas kita juga sebagai insan guru untuk memandu masyarakat agar mau dan tidak salah paham lagi mengenai proses donor darah,” tandasnya.


“Yuk donorkan darah kita berbagi bersama, satu tetes darah kita sangat berharga bagi orang yang membutuhkan!” tambah Edi Marjudi.


Iapun berharap, kegiatan kemanusiaan dapat terus dikembangkan dan diintegrasikan lagi kedalam kegiatan PGRI dalam bentuk-bentuk yang lain sehingga guru sebagai insan yang mencerdaskan kehidupan bangsa yang tergabung dalam organisasi profesi PGRI, turut terpanggil dalam menyelesaikan masalah sosial, sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat.

Kontributor : Syukron Zahidi Arrahmi

Iklan

×
Berita Terbaru Update