Notification

×

Iklan

Masyrakat Purworejo Diminta Untuk Bekerjasama Wujudkan ODF

Selasa, 26 September 2023 | 15:52 WIB Last Updated 2023-09-26T08:52:08Z

PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menyerahkan bantuan paket ODF dan sembako di Kelurahan Sucenjurutengah, Selasa (26/09/2003). Dalam penyerahan yang dilakukan secara simbolis kepada Lurah Sucenjurutengah Kelik Dwi Setyawan SP MAP itu, tampak hadir Ketua BAZNAS purworejo KH Achmad Hamid SPdI, Camat Bayan Dwi Cahyono Hadi Saputro SIP, dan sejumlah unsur terkait.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Purworejo mengatakan Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan merupakan suatu kondisi dimana masyarakat telah melakukan sanitasi total, yaitu dengan tidak buang air besar sembarangan (BABS). BABS merupakan salah satu faktor risiko penularan penyakit, seperti diare, kolera, dan tifus. 

”Dengan tercapainya ODF, diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.  Untuk itu, saya meminta seluruh masyarakat terus bekerja sama dalam upaya mewujudkan ODF dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Purworejo,” harapnya. 

Kepada warga Sucenjurutengah, Wabup mengajak untuk terus menjaga kebersihan lingkungan dan tidak BABS. Pemerintah kelurahan juga diharapkan dapat terus meningkatkan peran serta masyarakat dalam mewujudkan ODF.

“Kepada Dinas Kesehatan, saya meminta untuk terus memberikan pendampingan dan pembinaan kepada kelurahan dalam upaya mewujudkan ODF. Saya yakin, dengan kerja sama yang baik dari seluruh pihak, kita dapat mewujudkan ODF dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Purworejo,” tandasnya.

Lurah Sucenjurutengah Kelik Dwi Setyawan SP MAP menambahkan, berdasarkan hasil verifikasi di lapangan, terdapat 20 keluarga yang masih BABS dan benar-benar tidak bisa melaksanakan BAB di fasilitas umum seperti mushola atau tempat kerabat terdekat. ”Alhamdulillah setelah kami mengajukan proposal kepada BAZNAS Purworejo, kami mendapatkan bantuan untuk 20 keluarga ini,” ungkapnya.

Iklan

×
Berita Terbaru Update