Notification

×

Iklan


Guru Merupakan Lokomotif Utama Pendidikan

Sabtu, 02 Desember 2023 | 15:30 WIB Last Updated 2023-12-04T04:38:11Z

PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Di segala jaman, institusi pendidikan dan tenaga kependidikan mempunyai peran dan tugas penting untuk menyiapkan dan membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Guru sebagai tenaga profesional memiliki peranan untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap anak didiknya, agar kelak dapat berguna bagi bangsa dan negara. 


Hal itu disampaikan oleh Plt Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH saat menghadiri acara Resepsi HUT ke - 78 PGRI dan HGN tahun 2023, di Kantor PGRI, Sabtu (2/12/2022). Pada kesempatan itu juga diserahkan tali asih kepada 11 GTT yang memasuki batas usia pensiun.  Tampak hadir Ketua PGRI Purworejo Irianto Gunawan SPd, Sekdin Pendidikan dan Kebudayaan Khusnaini SPd MPd, Kabag Prokopim Ulik Sri Widiatmi SSos MAP, segenap tamu undangan dan anggota PGRI Kabupaten Purworejo.


Lebih lanjut dikatakan bahwa guru merupakan pilar utama demi mewujudkan tujuan “mencerdaskan kehidupan bangsa” dan mencapai pendidikan yang bermutu. "Bahkan bisa dikatakan bahwa tanpa pendidik/guru, proses pendidikan tidak akan berjalan," ucapnya. 

Menurut Plt Bupati, adanya komitmen untuk meningkatkan mutu dan kesejahteraan guru, dapat dijadikan sebagai momentum pembangkit kembali idealisme guru dalam membangun peradaban bangsa Indonesia. Sehingga, masa depan Indonesia bisa lebih maju, berkualitas, berbudaya, cerdas, dan dapat bersaing dalam percaturan dunia. 


"Para guru harus menjadi lokomotif utama bagi pembentukan karakter, keunggulan SDM dan modernisasi bangsa Indonesia. Tenaga kependidikan harus meningkatkan kualitasnya sesuai dengan kompetensi guru yang sudah ditetapkan yaitu kepribadian, pedagogis, profesional dan sosial," tegasnya. 


Sementara itu Ketua PGRI Kabupaten Purworejo mengucapkan terimakasih atas kehadiran plt Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti dalam acara resepsi. 

"PGRI Kabupaten Purworejo akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas guru di Kabupaten Purworejo, " tegasnya.


Sumber: Prokopim

Iklan

×
Berita Terbaru Update