Notification

×

Iklan


Pengaruh Ilmu Rumit dalam Kehidupan Sehari-hari

Minggu, 03 Desember 2023 | 16:30 WIB Last Updated 2023-12-04T01:17:58Z
Sebelumnya perlu kita ketahui apasih Ilmu rumit itu? Ilmu rumit merupakan istilah   yang sering digunakan untuk merujuk kepada Matematika. Istilah ini muncul, karena matematika mencakup suatu ilmu pengetahuan yang eksak dan terorganisasi dengan baik.  Dalam ilmu ini, kita mempelajari teori - teori yang terkait dengan rumus-rumus dan memerlukan penerapan logika serta penalaran individu.

Proses penalaran ini memerlukan ketekunan dan ketelitian dalam memahaminya.  Itulah sebabnya, banyak yang menganggap belajar matematika sebagai hal yang rumit. Perasaan malas dan takut muncul, membuat matematika menjadi momok bagi banyak orang, termasuk para pendidik di sekolah dan perguruan tinggi. Padahal, matematika memiliki dampak besar dalam kehidupan kita, baik dalam bidang pendidikan, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, hingga aktivitas sehari-hari yang mungkin tidak kita sadari.

Matematika memiliki dampak signifikan dalam bidang pendidikan. Seperti yang sudah kita ketahui, matematika sebagai mata pelajaran wajib.  Matematika bukan hanya menjadi dasar dan pengenalan awal bagi peserta didik, tetapi juga menjadi penopang bagi pembelajaran ilmu lainnya. Belajar matematika membentuk pola pikir kita, melatih kemampuan berfikir kreatif, logis, teliti, dan sistematis. Kemampuan ini sangat berguna dalam mencari solusi serta memahami konsep dasar yang memiliki peran penting dalam menyelesaikan berbagai permasalahan, baik dalam teori maupun aplikasi praktisnya. 

Matematika bukan hanya berperan penting dalam pendidikan, tetapi juga memiliki dampak besar pada perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Dalam hal ini, matematika menjadi dasar bagi ilmu logika yang mendasari bahasa pemrograman. Penggunaan bilangan biner dalam operasi aljabar matematika turut berkontribusi pada IPTEK, begitu pula peran matematika sebagai dasar perhitungan dalam pengembangan alat modern. Matematika juga digunakan dalam penyajian masalah melalui grafik, struktur data, kecerdasan buatan, basis data, dan berbagai bidang lainnya. Dengan dasar ilmu matematika ini, implementasinya dalam berbagai bidang IPTEK dapat terjadi dengan pengaruh besar.

Matematika memiliki pengaruh besar dalam kehidupan sehari-hari. Matematika memiliki peran penting dalam pengambilan keputusan, pemecahan masalah, dan pengembangan kreativitas. Mulai dari kegiatan rumah tangga hingga pengelolaan keuangan, bisnis, pemasaran, serta masalah-masalah di sektor pertanian, industri, ekonomi, dan kesehatan. Tanpa kita sadari, pendekatan matematis telah membantu kita menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam pendekatan seperti konstruktivisme, pemecahan masalah, open-ended, dan realistik, kita dapat mengimplementasikannya untuk menyelesaikan berbagai masalah, baik di bidang pendidikan, ketenagakerjaan, perkembangan teknologi, maupun dalam bisnis. Ini menunjukkan bahwa ilmu yang sering dianggap rumit, seperti matematika, ternyata memiliki dampak besar dalam setiap aspek kehidupan dan implementasinya sehari-hari. Penting untuk menyadari besarnya pengaruh ilmu ini agar kita dapat memanfaatkannya dengan baik untuk masa depan.

Oleh : 
Yeni Siti Rahayu
Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Matematika Untidar

Editor :
Ahmad Luthfi Khakim

Iklan

×
Berita Terbaru Update