Notification

×

Iklan




Tripusat Pendidikan Tentukan Keberhasilan Siswa

Wednesday, 7 March 2018 | 11:18 WIB Last Updated 2018-03-07T04:18:50Z


PURWOREJO- (pituruhnews.com) Tripusat pendidikan menentukan keberhasilan siswa dalam belajar. Masing-masing yang meliputi lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat itu merupakan tiga hal yang tidak bisa dipisahkan.
“Sehebat apa pun para guru di sekolah tidak akan mampu melahirkan hasil belajar yang menggembirakan tanpa dukungan dan kerja sama orang tua atau wali siswa,” ucap Kepala SMA 10 Purworejo Niken Wahyuni saat kegiatan di sekolah setempat, Selasa (6/3).
Terlebih, pengaruh gawai, televisi dan internet sangat besar bagi para siswa untuk mengalihkan konsentrasi. Tanpa disadari siswa sekarang sudah salah fokus dalam menaruh energi. Mereka bisa berjam-jam bermain gawai, tetapi untuk belajar semangat dan daya-juangnya umumnya lemah.
“Kami mewanti-wanti para orang tua-wali untuk mengontrol waktu belajar putra-putrinya dan menjauhkan hal-hal yang mengganggu konsentrasi mereka, terlebih di minggu-minggu terakhir menjelan Ujian Nasional ini,” ujarnya.
Selain kegiatan parenting bagi orang tua siswa, lanjut Niken, SMA 10 juga menggelar motivasi secara berkala bagi siswa. Kali ini, motivasi untuk siswa kelas 12 itu dengan pemateri Salwianto yang pelatihan siswa.
Salwianto menekankan agar siswa diberi contoh-contoh nyata. Keberhasilan dalam hal apa pun itu bermula dari semangat dan daya juang. Bukan dengan sibuk bermain gawai dan internet.
Baginya, barang itu tidak membawa mereka ke manapun, tanpa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan belajar. Sayangnya faktor keluarga dan pergaulan kadang tidak memberi referensi masa depan yang cukup, sehingga mereka tidak tahu ke mana harus berjuang dan mengarahkan potensinya.(K5-26)


Iklan

×
Berita Terbaru Update