Notification

×

Iklan


Malam 14 Agustus, Kwarran Kecamatan Pituruh Laksanakan Upacara Ulang Janji

Tuesday, 14 August 2018 | 00:02 WIB Last Updated 2018-08-14T00:06:05Z
 
 Petugas saat menyalakan api unggun

MEGULUNGKIDUL, (pituruhnews.com) Upacara Renungan dan Ulang Janji yang merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Pramuka Ke -57 yang dilaksanakan pada malam menjelang tanggal 14 Agustus. Kecamatan Pituruh sebagai Kwarran XI.06.11 Pituruh, bertempat di Lapangan SD Megulungkidul.

Upacara Pramuka ini adalah salah satu perenungan terhadap usaha dan karya yang telah dilakukan oleh setiap pramuka demi Kepramukaan dan Gerakan Pramuka. Upacara di awali dengan menyalakan obor api abadi, yang selanjutnya akan diestafetkan kepada 10 petugas pembawa obor. yang mana setelah obor menyala, pembawa obor mengucapkan Dasadarma Pramuka secara bergantian, kemudian setelah semua obor menyala, obor tersebut digunakan untuk menyalakan api unggun, serta selanjutnya melafalkan ulang janji (Tri Satya Pramuka) bersama-sama.

 
Foto Bersama Upacara Ulang Janji ( bay)

Sebelum dilaksanakan upacara ulang janji ini, terlebih dahulu petugas upacara ini melakukan latihan selama 3 hari yang dibimbing oleh tim pelatih yang terdiri dari Bapak Sadoto, S.Pd, Purnomo, S.Pd, Sukiman ,S.Pd, Waham Mulyadi, S.Pd, Maryadi S.Pd.

Acara ini diikuti oleh SMP N 40 Purworejo, Mts Ma'arif NU Pituruh, SMP N 20 Purworejo, SMP PMB 1 Pituruh, SMP PGRI Pituruh, SMA N 10 Purworejo, MA Ma'arif NU Pituruh, SMK Patriot Pituruh, yang mana setiap Sekolah Menengah Pertama mengirimkan 4  regu Penggalang, Sekolah Menengah Atas 4 regu Sangga Penegak. serta juga dihadiri Koramil/09 Pituruh dan Pembina Gugus Depan Se- Kecamatan Pituruh.
 
Api unggu sudah nyala (foto bay) 

Pembina upacara dipimpin langsung oleh Kusbandono,S.Pd,MMPd sebagai Kordinator Pelaksana Pelayanan Kecamatan (KPPK) Pituruh, dengan di dampingi Anggota Koramil/09 Pituruh Pelda Musafir, Sertu Solikhin, Serda Misbahudin.


 Penyerahan Tumpeng (bay)

Setelah upacara selesai dilaksanakan, selanjutnya diadakan acara tasyakuran sebagai sarana silahturahmi antar pembina gugus depan kwarran Pituruh. Acara diisi dengan ceramah oleh bapak A Ridhwan, S.Pd.I dan diakhiri dengan potong tumpeng sebagai wujud rasa syukur terhadap Tuhan yang Maha Esa. (ltf-bay)

Iklan

×
Berita Terbaru Update