Notification

×

Iklan


"Nguri-uri" Kebudayaan Jawa, Pemerintah Desa Megulungkidul adakan Lomba Merangkai Panjang Ilang.

Monday, 13 August 2018 | 00:08 WIB Last Updated 2018-08-12T17:17:25Z

Foto Peserta Lomba Merangkai Panjang Ilang

MEGULUNGKIDUL, (pituruhnews.com) Kekreatifan ibu rumah tangga di Desa Megulung  Kidul yang diwadahi oleh Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) bersama Pemerintah Desa Megulungkidul, mengadakan lomba merangkai panjang ilang. 

Acara dimulai pada pukul 14.00 bertempat di Balai Desa Megulungkidul. Peserta lomba merangkai panjang ilang tersebut sebanyak 19 kelompok, yang terdiri dari ibu rumah tangga dari tiap Dawis (Dasawisma=10 rumah) di masing-masing RT di Desa Megulungkidul.


Juri Lomba Panjang Ilang (bay)

Juri dalam kegiatan lomba tersebut adalah bapak Dalimin S.Pd dan Tim Penggerak PKK Kecamatan  Pituruh Heni Susiloningsih S.Pd. 

Kategori penilaian dalam lomba tersebut di antaranya adalah ketepatan waktu, kebersihan,  kerapian dan kreatifitas, dengan waktu perlombaan dilakukan selama 20 menit. Dalam perlombaan ini diambil juara 1,2,3 dan harapan 1,2,3. 

Dari hasil penilaian juri, lomba tersebut dimenangkan oleh RT 04 RW 02 (juara 1), RT 01 RW 02 ( juara 2) dan RT 01 RW 01 (juara 3). Selain itu juara harapan dimenangkan oleh RT 02 RW 01 (harapan 1), RT 03 RW 01( harapan 2), RT 02 RW 01 (harapan 3).

 

"Ketua TPPKK Kecamatan Pituruh  Heni Susiloningsih S.Pd, menuturkan sangat mendukung dan bangga dengan PKK Desa Megulungkidul, karena berinisiatif mengadakan lomba merangkai panjang ilang. Lomba rangkai panjang ilang baru pertama kali diadakan di Kecamatan Pituruh. Panjang ilang ini merupakan kebudayaan yang sayang sekali kalau sampai hilang". Ujarnya.

Ibu Rusmiyati selaku Kepala Desa Megulungkidul, mengatakan bahwa tujuan adanya lomba ini adalah sebagai wujud untuk "nguri-uri (melestarikan)" kebudayaan jawa.



 Foto Panjang Ilang (bay)

"Sangat disayangkan sekali kalo tradisi ini hilang, mengingat upacara merti desa biasanya menggunakan tempat nasi plastik, jadi dengan adanya acara ini panjang ilang bisa digunakan dalam acara merti desa" ujar Rusmiyati.

Sementara itu, sebelum diadakan lomba merangkai panjang ilang, semua peserta dilatih terlebih dahulu oleh guru, yang didatangkan secara khusus oleh Tim PKK Desa Pituruh. Katanya (bay-njb-ltf)

Iklan

×
Berita Terbaru Update