Notification

×

Iklan

Replikasi Pengelolaan Bank Sampah TPID Kecamatan Kemiri di Desa Tersidilor

Saturday, 1 December 2018 | 20:37 WIB Last Updated 2018-12-01T13:37:31Z
Foto Bersama TPID Kemiri dengan Pelaku Bank Sampah / Foto Imam
TERSIDILOR, (pituruhnews.com) -  Dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perekonomian di desa, Tim Pelaksana Inovasi Desa Kecamatan Kemiri diketuai oleh Priadi Sulistyono melaksanakan Replikasi Pengelolaan Bank Sampah di RT03/RW01 Dukuh Joderman, Desa Tersidilor, Sabtu, 01/12/2018.

Diikuti oleh 5 desa, antara lain Kedung Pomahan Wetan, Rejowinangun, Kroyo Kulon, Sidodadi, Turus. Masing- desa mengirimkan 10 peserta untuk mengikuti kegiatan replikasi pengelolaan bank sampah di Desa Tersidilor.

Kegiatan ini dilaksanakan di rumah bapak Wahyo Widodo, merupakan Kasi PMD Kecamatan Kemiri, yang sekaligus pelaku pengelola bank sampah "Sehat Bersama" Desa Tersidilor, Pituruh. Replikasi ini bertepatan penimbangan sampah yang dilakukan setiap satu bulan sekali.
Foto Bersama TPID Kemiri dengan Pelaku Bank Sampah / Foto Imam
Bank Sampah sudah berjalan kurang lebih hampir 3 tahun yang di dirikan oleh Bapak Wahyo Widodo dan anggota lainnya pada 30 Januari 2016. Dengan mengumpulkan sampah non organik, untuk diserahkan ke Bank Sampah dengan cara mengumpulkan 1 bulan penuh, lalu pada sabtu akhir bulan biasanya warga  menimbang dan hasil uang dari sampah ini dijadikan tabungan yang biasanya di ambil dalam satu tahun.

Wahyo Widodo, mengatakan bahwa dengan adanya replikasi ini , supaya bisa membangkitkan, menumbuhkan embrio-embrio bank sampah dikecamatan Kemiri dengan dikawal oleh Pendamping Desa, Luar Desa dan Tim Pelaksana Inovasi Desa Kecamatan Kemiri. 

Tim Pelaksana Inovasi Desa Kecamatan Kemiri untuk bisa memberikan pengawalan terharap tahapan setelah replikasi ini.
Penimbangan sampah / Foto Imam
"Setelah kegiatan replikasi ini supaya ada tindak lanjut disetiap masing-masing desanya. Agar bisa memecahkan masalah sampah dilingkungan sekitar" Ujar Wahyo.
 
Penghitungan hasil penimbangan sampah / Foto Imam
"Dengan diadakannya kegiatan replikasi ini diharapkan kedepan kepada desa yasng mengikuti kegiatan tersebut mampu meniru/ menciptakan pengelolaan bank sampah di desanya" Ujar Imam Nurkholis sebagai Tim Pelaksana Inovasi Desa Kecamatan Kemiri.

Penulis : Ltf
Reporter : Imam

Iklan

×
Berita Terbaru Update