Hujan Selama, Akses Jalan Klepu-Pituruh Ditutup Sementara

Advertisement
Kondisi Jalan Menuju Pituruh / Foto Warga
BUTUH, (pituruhnews.com) - Hujan yang tiada henti sejak Selasa Malam, (15/1) hingga Rabu, (16/1) pukul 11.00 WIB, tidak hanya pohon tumbang didesa Brengkol, juga mengakibatkan Sungai Dlangu di Kecamatan Butuh meluap.

Luapan air menyebabkan 9 desa di wilayah kecamatan Butuh tergenang banjir dengan ketinggian air rata-rata 50 sentimeter.

Desa yang tergenang banjir ini meliputi Desa Klepu, Tegalgondo, Lubanglor, Lubangkidul, Lubangsampang, Wonorejokulon, Sidomulyo, Kedungagung dan Desa Kedungmulyo. "Hujan dari pukul 20.00 WIB pada hari selasa sampai rabu siang tidak reda, sehingga sungai meluap dan memasuki pemukiman," ujar Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purworejo Sutrisno. 

Pihaknya hingga kini belum melakukan pendataan jumlah rumah yang terdampak genangan air tersebut. Kendati demikian perkiraan dampak terparah dialami penduduk Desa Kedungmulyo dan Kedungagung karena air memasuki ke sekitar 50 rumah di dua desa itu dengan kedalaman hingga setengah meter lebih. "Naiknya air mulai datang sekitar pagi hari tadi pukul 05.00 WIB,” paparnya.

"Pihak terkait sudah melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat baik camat maupun kepala desa" ujarnya. Menurutnya, wilayah tersebut selalu tergenang banjir ketika terjadi hujan dengan intensitas tinggi.
 
Salah seorang warga Ibu Ndari, menuturkan hujan menguyur dari jam 02.00 sampai siang hari belum reda, yang mengakibatkan solakan untuk pembuangan air tidak lancar jadinya banjir dengan ketinggian kurang lebih 50 cm.

"Akibatnya perabotan rumah tangga ikut terendam banjir, berharap banjir cepat surut. Untuk pihak terkait bisa menganangi masalah banjir yang sudah menjadi langganan jika terjadi hujan dengan berintensitas tinggi yang mengakibatkan banjir" Ujarnya. 

Untuk sementara aktivitas bisa dikatakan lumpuh karena genangan di halaman rumah ada yang mencapai hampir satu meter. Banjir juga menyebabkan salah satu ruas jalan yang terpaksa ditutup lantaran tergenang air yakni di Pertigaan Klepu arah Pituruh. Untuk sementara kendaraan yang hendak melewati jalur tersebut diarahkan melalui jalur depan SPBU Butuh.

"Biasanya yang masuk parkirnya penuh, tapi gara-gara hujan dan banjir mengalami penurunan" imbuhnya.

Penulis : ltf
Editor : ALK 
Baca Juga
Advertisement
Advertisement